Survei LSI Denny JA: Pengguna Youtube Condong Pilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Prabowo Subianto saat nonton konser Ari Lasso di Tenis Indoor Senayan.
Sumber :
  • Instagram @prabowo

Jakarta - LSI Denny JA melakukan survei jelang 8 bulan pelaksanaan Pemilu Presiden atau Pilpres 2024, terhadap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Survei dilakukan melalui tatap muka kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia pada 30 Mei hingga 12 Juni 2023, dengan margin of error sebesar 2,9 %. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif.

Direktur CPI LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, mengatakan hasil survei yang dilakukan menunjukkan bahwa pengguna media sosial Facebook dan YouTube lebih condong memilih Prabowo pada Pemilu 2024.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

“Publik yang menggunakan YouTube, capres pilihan tertingginya adalah Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 44,0 %, Ganjar 34,6 % dan Anies 20,6 %,” kata Hanggoro di Jakarta pada Senin, 10 Juli 2023.

Selain itu, kata dia, masyarakat yang bermain platform media sosial Facebook juga cenderung menaruh pilihannya kepada Menteri Pertahanan era Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

“Publik yang menggunakan Facebook, capres pilihan tertingginya jatuh kepada Prabowo Subianto mencapai 31,0 %; Ganjar dipilih sebesar 29,5 %; dan Anies 28,8 %,” ujarnya.

Kemudian, Hanggoro menyebut Prabowo juga sebagai sosok bakal calon presiden yang paling diminati oleh pembaca buku baik sastra maupun non sastra, dibanding 2 nama lainnya baik itu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dari 43,5 persen pemilih, setidaknya yang membaca 1 buku dalam satu tahun paling banyak pilihannya jatuh kepada Prabowo. Publik yang baca buku, capres pilihan tertingginya Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 38,9 %; Ganjar dipilih 22,5 % dan Anies dipilih 32,9 %,” jelasnya.

Lalu, Hanggoro menyebut jika segmentasi pembaca buku sastra dan non-sastra pilihan calon presiden tertinggi juga Prabowo unggul dibanding Ganjar maupun Anies. “Segmen pembaca buku sastra, Prabowo dipilih sebesar 41,9 % dan non sastra Prabowo dipilih sebesar 37,7 %,” ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, peminat pembaca buku fisik atau cetak juga menjatuhkan pilihan calon presiden terbaiknya kepada Prabowo yakni 42,6 %; Ganjar hanya 21 % dan Anies 29 %.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya