Relawan Ingin Andika Perkasa Jadi Cawapres Ganjar: Beliau Buat TNI Jadi Manis

Relawan Bara Api deklarasikan dukungan Andika Perkasa cawapres Ganjar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Relawan Barisan Rakyat Andika Perkasa Indonesia (Bara API) mendeklarasikan dukungan eks Panglima TNI Andika Perkasa agar bisa menjadi kontestan Pilpres 2024. Bara API ingin Andika jadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Deklarasi Bara API dipimpin langsung oleh Ketua Umum Adi Kurniawan di Jakarta, Selasa, 11 Juli 2023. Bagi dia, Ganjar Pranowo membutuhkan sosok cawapres pendampingnya yang kompeten di bidang militer.

Dia mengatakan demikian karena mengingat kondisi geopolitik di Indonesia. Begitu pun kondisi global yang juga penuh konflik.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

"Kita berada di situasi bahwa memang harus militer yang harus jadi cawapres Ganjar Pranowo. Kenapa? Ini berkaitan soal geopolitik, situasi internasional yang sedang mengalami gonjang-ganjing, penuh konflik," kata Adi dalam konferensi pers, Selasa, 11 Juli 2023.

Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa

Photo :
  • Istimewa
Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Menurut dia, figur bacawapres berlatarbelakang militer yang paling tepat dampingi Ganjar adalah Andika Perkasa.

Adi tak menafikan banyak tokoh dengan latar belakang militer di Indonesia seperti Prabowo Subianto, Moeldoko hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, dari berbagai nama itu, tetap sosok Andika lah yang paling layak mendampingi Ganjar.

"Bicara rekam jejak, Andika itu berhasil memimpin institusi TNI. Ketika beliau menjadi Panglima TNI, banyak pembangunan yang dilakukan oleh Andika Perkasa, itu pertama," tuturnya.

Lalu, dia menyebut faktor kedua, Andika dianggap sebagai figur yang bersih.

"Beliau tidak memiliki cacat hukum, beliau tidak pernah melakukan kasus-kasus dalam bentuk apapun," lanjut Adi.

"Ketiga, beliau adalah tokoh berprestasi, tokoh militer dengan segudang penghargaan prestasi, sehingga menurut kita beliau sangat layak mendampingi Ganjar Pranowo," ujar Adi.

Tak hanya itu, sosok Andika Perkasa juga dinilai sebagai tokoh militer yang humanis. Andika dinilai berhasil membawa perubahan di TNI yang semula dinilai sebagai insitusi yang menyeramkan.

"Tapi, begitu Andika menjadi panglima, TNI itu menjadi manis, menjadi sangat bersahabat bagi masyarakat," tuturnya.

Menurut dia, dengan kemampuan Andika sangat cocok diduetkan dengan Ganjar. Sebab, Gubernur Jawa Tengah itu juga digambarkan sebagai tokoh yang merakyat. "Jika didampingi tokoh militer yang humanis, itu akan menjadi pasangan yang serasi," ujar Adi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya