Jokowi Ungkap Bahas Politik 2024 dengan Surya Paloh

Presiden Jokowi resmikan Terminal Bandara Ewer
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan pembicaraan saat dirinya bertemu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 17 Juli 2024.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Jokowi mengakui sempat membahas tentang pemerintahan hingga politik 2024 dengan Paloh.

"Ya ada berbicara masalah yang berkaitan dengan kepemerintahan, ada yang berbicara masalah yang berkaitan dengan politik, ada yang berkaitan dengan 2024," kata Presiden Jokowi di Provinsi Bengkulu, sebagaimana video dalam akun YouTube Sekretariat Presiden,  Kamis, 20 Juli 2023.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Presiden Jokowi dan Surya Paloh

Photo :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

Jokowi menilai pertemuan dengan Paloh adalah hal biasa, sesama sahabat. Dia juga menyebut pertemuan dalam suasana yang hangat. Namun Jokowi enggan menjelaskan detil apa yang dibahas. 

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

"Pertemuan dengan Pak Surya Paloh ya pertemuan biasa. Kami kan sering ketemu. Sering ketemu ya berbicara wajar, masa mau tau semuanya. Kan enggak bisa saya sebut satu per satu secara detail. Enak banget dong," kata Jokowi.

Sebelumnya, Surya Paloh mengungkapkan isi pembicaraan dirinya dengan Jokowi di Istana beberapa waktu lalu. Salah satunya, Jokowi sempat bertanya soal bakal calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Nah Pak Jokowi juga tanya, siapa ini wakil presidennya ini, saya bilang saya belum mikirin itu, yang saya tahu (urusan) Pak Anies itu," kata surya Paloh.

Viral Foto Jokowi dan Anies Tertawa

Photo :
  • Twitter@aniesbaswedan

Selain itu, kata Surya Paloh, dirinya bersama Jokowi juga membicarakan reshuffle termasuk soal jatah menteri Nasdem berkurang karena Johnny Plate sudah diganti oleh Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo.

"Memang dari awal kita katakan, apa yang menjadi masalah kalo berkurang? Bukan itu esensinya, katakanlah yang menjadi prioritas utama bagi Nasdem. Nasdem lebih berkepentingan success story daripada roda administratif pemerintahan yang diusung," kata Paloh.

Lebih lanjut, Surya Paloh mengatakan pertemuan dirinya dengan Jokowi berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Hal tersebut, kata dia, tidak terlepas dari hubungan personal dirinya dengan Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya