Maarif: Muhammadiyah Kritis, Bukan Penentang

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Syafi'i Ma'arif
Sumber :
  • Antara/ Udin

VIVAnews - Penasehat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif memastikan sikap Muhammadiyah kepada pemerintah tetap akan kritis.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Meski demikian, Muhammadiyah tidak akan menentang Negara karena Muhammadiyah adalah bagian dari NKRI.

"Kalau ada gesekan-gesekan ataupun ketegangan dengan pemerintah, itu biasalah," kata Syafii Maarif usai menghadiri Pembukaan Muktamar 1 Abad Muhammadiyah di Mandalakrida, Yogyakarta, Sabtu 3 Juli 2010

Meski sering ada ketegangan antara Muhammadiyah dengan pemerintah, menurut Syafii, tindakan yang dilakukan selalu amar makruf nahi mungkar. Dan jika ada pihak yang tersinggung harusnya disikapi dengan sifat kenegarawanan.

"Sifat kenegarawanan itu dilakukan baik oleh Muhammadiyah maupun dari pemerintah," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah ini periode 2000-2005 ini.

Disinggung tentang siapa sosok yang cocok memimpin Muhammadiyah lima tahun ke depan, Safii enggan untuk berkomentar. Tetapi, Syafii justru akan mengikuti apa yang diinginkan wartawan. "Itu terserah wartawanlah. Saya ikut saja," kata dia sambil tertawa.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin juga menegaskan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi Islam tertua, bahkan lebih tua dari NKRI ini tetap akan bersikap loyal namun kritis.

Ketika pemerintah dalam menjalankan amanat rakyat tidak sesuai lagi dengan UU, lanjut Din, maka Muhammadiyah akan berdiri dalam garda terdepan mengkritik pemerintah.

"Namun demikian jika pemerintah telah menjalankan amanat rakyat sesuai dengan UU, maka Muhammadiyah juga menjadi barisan terdepan di belakang pemerintah," tegas Din. (umi)

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Laporan: KDW l Yogyakarta

Pabrik GAC Aion / perakitan mobil

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dalam kurun waktu singkat, perusahaan berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmennya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024