PDIP Bakal Tentukan Nasib Cinta Mega Buntut Kepergok Main Game Slot saat Rapat

Politikus PDIP Gembong Warsono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

Jakarta - Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan akan bertemu dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DKI PDIP untuk membahas laporan Cinta Mega. Nasib Cinta Mega bakal dibahas buntut kepergok main game slot saat rapat paripurna DPRD pada Kamis, 20 Juli 2023 lalu.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

Gembong mengatakan, pertemuan dengan DPD PDIP Selasa hari ini bakal membahas mengenai sanksi yang akan diberikan kepada Cinta Mega.

"Sanksi belum dijatuhkan, baru besok mau dibahas dalam rapat DPD partai untuk menindaklanjuti laporan fraksi kepada DPD partai," kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 24 Juli 2023.

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

Dia menyebut Sanksi yang diberikan nanti dapat berkaitan dengan posisi yang sedang ditempati oleh Cinta Mega saat ini. Hal itu terkait Cinta Mega masih layak atau tidak kembali dicalonkan. 

Anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP Cinta Mega kepergok main game saat paripurna

Photo :
  • VIVA/Ilham
PDIP Minta MK Ubah Suara PSI dan Demokrat di Papua Tengah jadi 0

Lalu, hukuman lainnya yaitu Cinta Mega bisa saja diberikan sanksi penggantian antarwaktu (PAW). Seperti diketahui, PAW merupakan proses anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD yang berhenti antarwaktu untuk digantikan oleh calon pengganti antarwaktu yang diambil dari daftar calon pengganti (DCT). "Sanksi-sanksi tersebut nantinya akan ditentukan oleh partai," kata dia.

Gembong sebelumnya sempat bicara kemungkinan Cinta Mega tak lanjut menjadi legislator DPRD DKI. Dia bilang hal itu bisa terjadi lantaran Cinta Mega diduga melanggar etik usai terciduk diduga main game slot saat rapat paripurna.

Dia menekankan, Cinta telah melanggar etik karena kepergok main game dan jadi viral di masyarakat. Oleh karena itu, ia bilang, pihaknya perlu melaporkan kepada DPD PDIP.

"Kami menilai fraksi PDIP berdasarkan rapat tadi menilai bahwa yang bersangkutan melanggar etik. Sanksi dari fraksi yang seperti ini nanti tindak lanjutnya pasti ada. Misalkan apakah yang bersangkutan masih layak lagi dicalonkan sebagai anggota DPRD? Misalkan seperti itu, nanti DPD yang akan ambil sikap secara tegas," ujar Gembong kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 21 Juli 2023.

Gembong dan pihaknya sudah memberi sanksi berupa surat teguran keras terhadap Cinta Mega. Ia menegaskan, sebagai pejabat negara, kelakuan Cinta Mega tidak patut dicontoh.

"Atas kejadian kemarin, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta memberikan sanksi keras, memberikan peringatan keras kepada yang bersangkutan, yaitu Ibu Cinta Mega karena sudah melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan dalam rapat paripurna," ujarnya.

Sebagai Ketua Fraksi PDIP, Gembong minta maaf kepada seluruh masyarakat karena anggotanya telah melalukan hal yang tidak patut dicontoh sebagai pejabat negara, khususnya di Ibu Kota.

"Sekali lagi saya sebagai Ketua Fraksi mohon maaf atas kejadian kelalaian yang dilakukan oleh anggota Fraksi PDIP Perjuangan yang menimbulkan kegaduhan di publik yang menimbulkan polemik yang tidak elok di publik karena kami kami ini ya karena memang pejabat publik,," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya