Dari Kampung Nelayan Muara Angke, JAMAN Siap Berjuang Menangkan Anies Menuju 2024

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sejumlah massa dari beberapa elemen yang tergabung dalam Jaringan Anies Mania atau JAMAN mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon Presiden RI 2024. Mereka melakukan kegiatan itu di kampung nelayan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu kemarin.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Kami Jaringan Anies Mania yang terdiri dari berbagai lintas sektoral menyampaikan akan berjuang dan mendukung 100 persen Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden RI 2024," demikian poin pertama deklarasi yang dibacakan koordinator Jaringan Anies Mania (JAMAN ) Sunarto.

Sunarto menjelaskan, alasan pihaknya memilih kawasan nelayan di Muara Angke. Ia mengatakan hal itu karena untuk mengingatkan adanya perampasan hak-hak warga negara, penggusuran di Muara Angke, Kampung Batang, Kampung Akuarium sejak 2012 yang mencakup 112 titik.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Jaringan Anies Mania dukung Anies Baswedan jadi bacapres 2024.

Photo :
  • istimewa

Menurut dia, warga Muara Angke, telah melawan kebijakan otoriter itu dengan berbagai cara. Upaya itu mulai demo hingga melalui jalur hukum yang dimenangkan warga.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

"Karena itulah warga Muara Angke memfasilitasi JAMAN untuk mendeklarasikan perubahan dengan memilih Anies pada Pilpres 2024," kata Sunarto, dalam keterangannya, Senin, 31 Juli 2023.

Pun, ia berjanji bakal memperjuangkan aspirasi warga nelayan Muara Angke untuk memperjuangkan perubahan itu.

"Kita punya sejarah yang tidak mungkin ditutup-tutupi. Siapa yang datang ke Jakarta pada 2012, dan kemudian melakukan penggusuran-penggusuran," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan warga bersyukur saat Anies jadi Gubernur DKI. Ia bilang saat Anies jadi DKI-1,  harkat dan martabat warga dikembalikan secara terhormat.

Kebijakan Anies dengan membangun kembali kampung-kampung yang akan tergusur. Lalu, menata kembali kampung-kampung tersebut. Maka itu, pihaknya bertekad akan berjuang memenangkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Elemen sektoral yang tergabung dalam JAMAN di antaranya adalah: Komunitas Pendukung Anies, Alumni Trisakti, Alumni Budi Utomo, dan Nelayan Muara Angke.

Saat deklarasi, secara bergantian elemen tersebut menyampaikan track record Anies saat memimpin Jakarta. Mereka siap berjuang mengawal Anies jadi Presiden 2024.

Menurut perwakilan nelayan, Junaidi menyatakan Anies saat jadi gubernur tak hanya menepati janji. Namun, juga beri pendidikan kesadaran akan hak hak politik warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya