Tren Dukungan Publik Naik, Prabowo Diyakini Bakal Unggul pada Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Jakarta – Elektabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto unggul dalam berbagai hasil survei yang telah dirilis ke publik oleh sejumlah lembaga survei.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Melihat tren positif tersebut, Ketua Umum Relawan Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer optimis Prabowo akan mengantongi kemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Hukum alam memang sudah menghendaki 2024 Prabowo Presiden,” kata Noel, sapaan Immanuel, dalam keterangannya dikutip Selasa, 1 Agustus 2023. 

Terpopuler: Jukir Liar Depan Istiqlal Ditangkap, Aturan Baru Jokowi BPJS Pengganti Kelas 1,2 dan 3

Terlebih, menurut Noel, Prabowo juga telah mendapatkan dukungan Presiden Jokowi untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Dukungan ini telah diperlihatkan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut berulang kali di ruang publik.

Relawan Joman Deklarasikan Prabowo Mania di Bogor, Jabar.

Photo :
  • Istimewa/Muhammad AR
Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

“Apalagi kita lihat dukungan Pak Jokowi berkali-kali disampaikan bahwa 2024 ini waktunya Pak Prabowo sebagai Presiden,” ujar Noel. 

Dukungan penuh publik kepada Prabowo itu terekam dari hasil survei yang baru-baru ini dikeluarkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Dalam survei yang dilakukan pada 3-15 Juli 2023 dan melibatkan 1.200 responden itu, Prabowo berhasil unggul dari kandidat bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo. 

Terhitung dari bulan Mei 2023 hingga Juli 2023, elektabilitas Prabowo semakin kuat meninggalkan Ganjar. 

Pada bulan Mei 2023, Prabowo mengantongi dukungan sebesar 44,5 persen, jauh lebih tinggi dibanding Ganjar yang mendapatkan dukungan sebesar 38,1 persen. Kondisi serupa terjadi di bulan Juni 2023, dimana Prabowo meraup dukungan sebesar 50,4 persen, sedangkan Ganjar mendapatkan 43,2 persen dukungan. 

Puncaknya adalah pada bulan Juli 2023, dimana orang nomor satu di Partai Gerindra itu berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 52,0 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan Ganjar yang meraih dukungan sebesar 41,6 persen. 

Noel mengemukakan, melimpahnya dukungan kepada Prabowo jelang Pilpres 2024 mendatang, sebagai suara rakyat yang ingin adanya persatuan dan kesatuan yang lebih kokoh bagi Indonesia di masa depan. Masyarakat Indonesia melihat, Prabowo merupakan figur tepat untuk menguatkan narasi tentang persatuan nasional. 

“Pak Prabowo selalu menguatkan narasi persatuan nasional, itu yang luar biasa,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya