Nasdem Harap Anies Pilih Cawapres Bukan Karena Pertimbangan Punya Parpol

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta – DPP Nasdem berharap bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan memilih bakal cawapres sesuai tiga kriteria yang telah ditetapkan. Harapannya, Anies memilih bakal cawapres bukan cuma karena pertimbangan si tokoh punya partai politik (parpol).

Usai Didukung PSI, Ahmad Ali: Berangkulan Semakin Banyak untuk Mengurus Satu Permasalahan

"Kalau kita baca piagam deklarasi Koalisi Perubahan di dalam poin tiga itu sangat jelas bahwa Mas Anies diberikan mandat untuk mencari dan memilih Cawapresnya," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali dalam keterangannya diterima Rabu, 2 Agustus 2023. 

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Photo :
  • istimewa/Edwin Firdaus
Unggah Kopi Tubruk, Anies Ikutan Senggol Asian Value dan Human Rights

Ali mengigatkan bahwa Anies harus berpegang pada tiga kriteria yang telah ditetapkan dalam pemilihan bakal cawapres. Kriteria itu harus membantu proses kemenangan, menjaga stabilitas koalisi, dan mendukung efektivitas pemerintahan.

Menurut Ali, Anies harus mempertimbangkan apakah figur yang dipilih bisa membantu kemenangan dengan mengisi ruang-ruang dukungan Anies yang tidak maksimal di wilayah-wilayah tertentu. Selain itu, kata dia, penting untuk menjaga stabilitas koalisi tanpa adanya standar ganda yang menguntungkan salah satu partai.

PDIP Kemungkinan Dukung Anies di Pilgub Jakarta, Nasdem: Ndak Jarang Barisan Sakit Hati Bertemu

"Ketika Anies sudah memilih si Fulan untuk menjadi Cawapres, maka Anies harus mampu menjelaskan kepada partai koalisi. Anies harus menjelaskan dengan pendekatan saintifik, indikator-indikator ilmiah," kata Ali. 

Anies Baswedan dan Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, Ali menuturkan bahwa dalam memenangkan kontestasi, bukan semata-mata agar Anies dapat maju sebagai capres. Karena itu, pemilihan bakal cawapres harus dipertimbangkan secara matang.

“Seseorang dipilih sebagai Cawapres bukan pertimbangannya karena mempunyai partai, bukan pertimbanganya Anies bisa maju saja,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya