SPIN: Elektabilitas Prabowo Subianto Masih Merajai Kontestasi Bakal Capres 2024

Ketua Umum Prabowo Subianto, HUT Partai Gerindra ke-15
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Lembaga Survei dan Poling Indonesia (SPIN) merilis riset terbarunya terkait elektabilitas sejumlah tokoh bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Ada beberapa temuan versi SPIN.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menjelaskan, dari sejumlah survei yang dilakukan sejak Agustus 2021 hingga Juli 2023, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terus kokoh di posisi puncak. Elektabilitas Menteri Pertahanan RI itu cenderung moncer dan melesat.

"Elektabilitas Prabowo masih merajai kontestasi Capres 2024 dari simulasi 13 capres. Temuan survei per Juli 2023 menunjukkan ada 34 persen publik masih menjatuhkan pilihannya kepada  Prabowo," kata Igor, dalam keterangannya, yang dikutip pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Igor menambahkan, elektabilitas bacapres PDIP Ganjar Pranowo juga masih berada di posisi kedua dan ketiga dengan perolehan masing-masing  20,1 persen dan 19 persen.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Dia menyampaikan, faktor yang jadi tren peningkatan elektabilitas Prabowo karena dipengaruhi sejumlah blunder yang dilakukan Ganjar belakangan ini.

"Tren dukungan ke Prabowo terus meningkat sementara Ganjar mengalami stagnan pasca blunder yang sering dilakukan baik oleh dirinya maupun timnya," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk Erick Thohir dan Ridwan Kamil alami peningkatan dukungan dari survei per April 2023. Kedua sosok ini masih terus berada di posisi empat dan lima besar.

Dalam survei SPIN juga sebagian besar responden atau 41,7 persen akan memilih Prabowo sebagai Presiden bila Pemilu serentak dilaksanakan hari ini dan diikuti tiga capres saja (simulasi head to head).

"Sementara Ganjar masih berada di posisi ke-2 dengan 30,3 persen dan Anies berada di psosisi ke-3 memperoleh 21 persen," tutur Igor.

Elektabilitas Pemerintahan Naik

SPIN dalam temuannya juga melaporkan peningkatan elektabilitas dari pemerintahan Presiden Jokowi pada periode ini. Kata Igor, sosok Prabowo Subianto ternyata punya peran penting melambungnya tingkat kepuasan terhadap pemerintah.

"Sebagian besar publik atau 81,2 persen setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf," tuturnya.

Menurut dia, angka persentase ini terus meningkat diduga makin membaiknya persepsi publik terhadap sikap Prabowo. Eks Danjen Kopassus itu selalu menarasikan persatuan bangsa baik dari sisi pendukungnya maupun pendukung Jokowi sendiri.

"Angka persentase ini terus meningkat diduga semakin membaiknya persepsi publik terhadap sikap Prabowo yang selalu menarasikan persatuan bangsa," tuturnya.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Kinerja Prabowo selama di kabinet juga turut konsisten merujuk pendapat dari para responden.

Dari survei SPIN, 18,9 persen publik masih menilai Menteri/Kementerian Pertahanan yang paling nyata dan konkret kerjanya saat ini. Kemudian, disusul Menteri/Kementerian Sosial 15,6 persen dan Menko Polhukham 10,1 persen.  

Survei terbaru SPIN dilakukan dalam kurun waktu 15-25 Juli 2023 dengan diikuti 1.230 responden. Dengan wilayah sebaran sampel di 34 propinsi. Pun, teknik sampel menggunakan multistage random sampling.

Kemudian, teknik pengumpulan data melalui direct interview dengan bantuan kuesioner. Lalu, margin of error pada survei ini adalah +/- 2,8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya