AHY: Moeldoko Ganggu Psikologis Kader, 2 Tahun Dibayangi Ancaman Aktor Pembegal Partai

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.
Sumber :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan kader partai yang dipimpinnya terganggu secara psikologis dalam dua tahun ini karena upaya pembegalan kubu Moeldoko.

Arah Politik Pilkada 2024, Partai Demokrat Beberkan 7 Kriteria Cagub Jakarta

"Moeldoko ini cukup mengganggu psikologis para kader partai Demokrat dan kita juga tahu sekitar 2 tahun 8 bulan kami dibayang-bayangi oleh ancaman aktor-aktor pembegal partai," kata AHY saat konferensi pers di DPP Demokrat, Jumat, 11 Agustus 2023.

AHY mengatakan psikologis kader terganggu karena meragukan keadilan hukum yang akan ditegakkan di Indonesia. Kata dia, para kader khawatir partai yang sudah dipimpin AHY akan dikudeta kubu Moeldoko.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

"Ada yang khawatir, Apakah keadilan masih ada? Apakah hukum akan ditegakkan di negeri kita secara rasional? Tentu wajar para kader mereka semua takut," lanjut AHY.

"Khawatir jika partai yang dibangun dan diawaki selama ini dengan susah payah dirampas begitu saja oleh para pembegal partai Itu," tutur AHY.

Politisi Demokrat Heran dengan Narasi Oposisi yang Dideklarasikan Ganjar Pranowo

Acara Demokrat KLB Deli Serdang pimpinan Moeldoko.

Photo :
  • Istimewa

Dia juga menyinggung dampak eksternal lain yang diciptakan kubu Moeldoko antara lain keraguan masyarakat kepada Partai Demokrat dapat bertahan di Koalisi Perubahan yang dibangun bersama Nasdem dan PKS.

"Secara eksternal PK KSP Moeldoko juga menciptakan keraguan kepada cukup banyak kalangan masyarakat kita yang berharap agar Partai Demokrat bisa berlayar dalam koalisi yang tengah kami bangun saat ini," kata AHY.

Maka itu, AHY juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penegak hukum yang memberikan keadilan bagi Partai Demokrat.

"Untuk itu pertama-tama izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada para penegak hukum utamanya para hakim yang mulia di Mahkamah Agung serta seluruh jajaran hakim yang mulia di semua tingkatan pengadilan yang selama ini menyidangkan gugatan-gugatan KSP Moeldoko," tuturnya.

Kado HUT ke-45

AHY juga mengaku seluruh jajaran kader partai yang dipimpinnya senang dengan MA yang menolak permohonan PK kubu Moeldoko.

"Kami menerima berita, menerima informasi bahwa upaya PK atau Peninjauan Kembali KSP Moeldoko telah ditolak oleh Mahkamah Agung. Tentu kami semua sangat senang. Kami bersyukur sekaligus terharu mendengar itu," jelas AHY.

Selain itu, ia juga merasa putusan MA yang menolak PK Moeldoko merupakan kado terindah untuk hari ulang tahunnya yang ke-45.

Putusan penolakan PK Moeldoko itu secara sah diumumkan pada Kamis, 10 Agustus 2023 yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun AHY.

"Secara pribadi saya juga sangat bersyukur karena berita baik ini diterima bertepatan pada hari ulang tahun saya, sehingga menjadi kado terindah di usia ke-45 tahun ini," kata dia.

Menurutnya, berita gagalnya upaya kudeta yang dilakukan Moeldoko cs harus diketahui oleh seluruh masyarakat di Tanah Air. Sebab, Indonesia merupakan negara demokrasi.

"Kami memandang berita Ini bukan saja sangat penting untuk diketahui oleh kami, tetapi juga oleh rakyat Indonesia, para pecinta demokrasi," jelasnya.

Sebagai informasi, MA menolak permohonan PK yang diajukan kepengurusan Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) pimpinan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

"Tolak," bunyi amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Yosran seperti dikutip VIVA dari website kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, Kamis, 10 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya