Prabowo Puji Golkar dengan Kekaryaan, PAN Penggerak Reformasi, dan PKB Perpanjangan NU

PAN dan Golkar Deklarasi Dukung Prabowo Subianto Capres 2024
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad Yudha Prasetya

Jakarta – Prabowo Subianto memuji Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional atau PAN, setelah kedua partai tersebut secara resmi mendukung dan mengusungnya sebagai capres di Pilpres 2024.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Prabowo mengatakan, bahwa kerja Partai Golkar terutama di pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini, tidak diragukan lagi. 

"Partai kekaryaan yang dalam pemerintahan demi pemerintahan telah menunjukkan kapabilitas dalam membawa pembangunan yang berarti bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo, dalam sambutan usai didukung secara resmi oleh Golkar dan PAN, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Minggu 13 Agustus 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Jelas Prabowo, pada Agustus 2022 tahun lalu, Partai Gerindra yang dia pimpin telah menjalin koalisi dengan PKB. Saat ini, tepat setahun dengan PKB, datang mendukung pula 2 partai besar yakni PAN dan Golkar. Apalagi keduanya memiliki sejarah bagi Indoensia.

"Pada tanggal yang baik ini tanggal 13 Agustus 2023 persis 1 tahun tanda tangan kerja sama politik antara Gerindra dan PKB, dan satu tahun kemudian kerja sama politik ini diperkuat oleh 2 partai bersejarah partai yang besar," jelas Prabowo.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Bagi Prabowo, PAN punya sejarah yang kuat dalam peralihan rezim. Dimana pada tahun 1998 terjadi peralihan dari Orde Baru menuju Orde Reformasi, dan PAN kata Prabowo, punya peran di sana.

"PAN yang bersejarah mempelopori Reformasi pada saat alih transisi dari Orde Baru menuju Orde Reformasi sampai sekarang," katanya.

Prabowo melanjutkan, begitu juga dengan PKB. Yang menurutnya adalah perpanjangan tangan dari organisasi keagamaan terbesar di Tanah Air, yakni Nahdltul Ulama atau NU.

"PKB sebagai perpanjangan tangan di bidang politik dari Nahdlatul Ulama selalu membuktikan berperan besar dalam mengamankan dan menyelamatkan bangsa dan negara di saat-saat kritis," lanjut Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

Maka dari itu, Prabowo mengatakan dirinya sangat terharu mendapat dukungan dari 3 partai besar dan bersejarah tersebut. Dia juga dibesarkan hatinya untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024 nanti.

"Ini sungguh suatu kehormatan bagi saya, dan juga membuat saya bertekad untuk tidak mengecewakan harapan partai-parti ini dan terutama harapan rakyat Indonesia semuanya," jelas Prabowo.

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, resmi menyatakan dukungan untuk Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Setelah itu, diserahkan naskah dukungan dan dilakukan penandatanganan kerja sama politik tersebut.

Dengan begitu, maka pada Pilpres 2024, Prabowo sudah mendapat dukungan dari 4 partai parlemen yakni Gerindra, PKB, Golkar dan PAN. Sedangkan di luar parlemen sudah ada Partai Bulan Bintang atau PBB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya