Elektabilitas Capres Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo 38,2 %, Ganjar 35,3 %, Anies 18,4 %.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Ardian Sopa.
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

Jakarta – Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama elektabilitas sebagai calon presiden (capres) berdasarkan hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Sedangkan Anies Baswedan jauh di bawah.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Dalam hasil survei LSI Denny JA ini, Prabowo menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara sebesar 38,2 %.

"Dari hasil survei yang diambil pada bulan Juli 2023 ini diambil dari simulasi 3 orang, Prabowo tertinggi 38,2 %," kata peneliti senior LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam paparannya secara virtual, Senin, 14 Agustus 2023.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Posisi kedua, diduduki oleh bakal capresn yang diusung PDIP, yaitu Ganjar Pranowo dengan perolehan suara sebesar 35,3 %. Sementara posisi ketiga diduduki oleh Anies Baswedan. 

"Kemudian, kedua ada Ganjar Pranowo dengan 35,3 % kemudian Anies Baswedan di angka 18,4 %," katanya. 

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Ardian mengatakan, dalam simulasi 3 capres itu, suara yang diperoleh Prabowo dan Ganjar tidak mengalami perbedaan jauh dari 38,2 % dengan 35,3 %. Lain halnya dengan Anies Baswedan yang terpaut jauh dari kedua bakal capres itu.

"Tapi sejauh ini memang Prabowo yang paling unggul. Tetapi, ini masih bisa saling mengejar," kata dia.

Adapun survei LSI Denny JA itu dilakukan pada tanggal 3 sampai 15 Juli 2023. Kemudian, menghasilkan margin of error sebesar kurang lebih 2,9 %. Data ini juga dilengkapi dengan hasil survei dan data riset kualitatif.

Metodologi survei menggunakan metode multistage random sampling, kemudian jumlah responden 1200 responden. Lalu, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya