Hadiahi Prabowo Kuda Besar, Airlangga Ungkap Maknanya

Airlangga Hartarto (kiri) bersama Prabowo Subianto (kanan)
Sumber :
  • Partai Golkar

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerinda, Prabowo Subianto, dihadiahi seekor kuda besar berwarna cokelat di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta Barat, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Didampingi Petinggi PDIP, Ketua Gerindra Jateng Sudaryono Blusukan ke Kudus

Kuda itu diberikan langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, setibanya Prabowo di markas besar partainya itu. Prabowo hadir untuk memberikan kuliah umum di Golkar Institute bertajuk 'Menjawab Tantangan Kepemimpinan Masa Depan Menuju Indonesia Emas 2045'

Airlangga menjelaskan, kuda yang dihadiahkan kepada Prabowo bukanlah sembarang kuda. Kuda itu, kata dia, dikembangbiakkan oleh salah satu tokoh Partai Golkar.

Wejangan Berharga dari Gus Bab Kudus ke Sudaryono yang Maju jadi Cagub Jawa Tengah

Prabowo Subianto didampingi Airlangga Hartarto mengelus kuda di DPP Golkar

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

"Tadi Golkar menyerahkan seekor yang gagah, kuda ini bukan sembarang kuda. Tetapi ini adalah kuda yang dikembangbiakkan di sini, ada tokoh Golkar, Pak Bambang Heri," kata Airlangga dalam sambutannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Memperingati Hari Jamu Nasional, Simak 5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

Airlangga menjelaskan, Bambang Heri memiliki 100 ekor kuda. Tak hanya itu, Airlangga menyebut Bambang juga memiliki peternakan kuda pacu di beberapa wilayah termasuk Jakarta.

Airlangga bahkan mengklaim, bahwa kuda-kuda yang diternak Bambang Heri merupakan kuda berprestasi. "Beliau itu punya 100 kuda dan punya stable, punya breeding di Salatiga, Kalimantan dan Jakarta. Sehingga ini menjadi bagian dari pada selain hobi juga mencari prestasi dan kudanya ini berprestasi," ungkap Airlangga. 

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga sempat menyinggung ajaran Islam terkait dengan olahraga yang dianjurkan untuk umat muslim. Salah satu olahraga yang dianjurkan yakni berkuda. 

"Ada tiga olahraga yang dianjurkan, berkuda, berenang dan memanah. Jadi ini sesuai dengan sunah nabi, dan kuda ini melambangkan agar kita terus memacu cepat, meloncat menuju kemajuan," kata Airlangga. 

Airlangga bahkan sempat mengaitkan masalah kuda ini dengan nama koalisi pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 yakni Koalisi Indonesia Maju. Kata dia, Koalisi Indonesia Maju ingin berlari kencang seperti layaknya kuda yang ia berikan kepada Prabowo. 

"Kita ingin lari dengan kencang menuju Indonesia emas, menjadi Indonesia maju. Koalisi Indonesia Maju mendapatkan respons positif, dan ini melanjutkan keberhasilan yang dicapai oleh kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," katanya.

"Jadi ini komitmen dari pada empat partai kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi positif diikuti pembangunan infrastruktur, dan sumber daya manusia yang berkualitas ini adalah modal agar kita bisa melompat lebih tinggi menuju Indonesia maju," pungkas Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya