PKS Batal Hadiri Deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya

Deklarasi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit Surabaya
Sumber :
  • Ist

Surabaya – Petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) batal menghadiri deklarasi pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan - A Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023. Belum diketahui apa alasan PKS batal hadir.

Pendaftaran Amsakar jadi Cawalkot Batam ke DPP NasDem Tuai Polemik, Begini kata Pengamat

"Presiden PKS (Ahmad Syaikhu) tidak jadi hadir," kata Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, dikonfirmasi VIVA.

PKS, lanjut dia, juga tidak mengirim perwakilan dari DPP untuk menghadiri deklarasi Anies-Cak Imin. Begitu pula dari DPW PKS Jatim, tidak diperintahkan untuk menghadiri acara tersebut.

PKB Usung Gus Yusuf Chudori Maju Pilkada Jateng, Halim Iskandar: Bukan Mimpi di Siang Bolong

"Kalau saya di PKS Jatim sifatnya membersamai Presiden PKS," tandas Irwan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa selain petinggi NasDem dan PKB, pimpinan PKS juga akan hadir di acara deklarasi Anies-Cak Imin. Bahkan, dia menyebut rombongan PKS sudah terbang dari Jakarta ke Surabaya.

PKB Beri Sinyal Usung Kiai Marzuki di Pilgub Jatim 2024, Begini Respons Emil Dardak

Jazilul menjelaskan, Anies Baswedan sudah terbang dari Jakarta ke Surabaya pada pukul 11.00 WIB. Sementara Cak Imin dan keluarganya berangkat dari Kabupaten Jombang, setelah terlebih dahulu sungkem ke ibundanya dan ziarah ke makam ayah dan leluhurnya yang juga pendiri NU, KH Bisri Syansuri.

Dari pimpinan partai, akan hadir Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh dan petinggi PKB. Sementara dari NU yang diundang adalah tokoh-tokohnya, bukan dari jajaran struktur PBNU. "Kita mengundang kulturnya, stakeholder NU," ujarnya.

Namun demikian, Jazilul memastikan bahwa deklarasi Anies-Cak Imin akan dihadiri puluhan kiai dan Bu Nyai dari lingkungan pesantren terkemuka di Jatim dan Jateng. "Sudah ada 50 kiai, 20 ning yang akan hadir, dari Situbondo, Lirboyo, bahkan ada juga dari Jateng, Brebes," tandasnya.

Kehadiran para kiai dan ning tersebut menurut Jazilul kian memantapkan keputusan PKB mengusung Anies dan Cak Imin untuk maju di Pilpres 2024 nanti. "Ini menambah keyakinan sekaligus semangat bahwa ijtihad yang diambil PKB, NasDem, dan PKS ini menjadi harapan dan perbaikan perubahan Indonesia ke depan," kata Jazilul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya