PKS Beberkan Alasan Tak Ada Atribut Partainya di Deklarasi Anies-Cak Imin

Deklarasi capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Jakarta - Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP PKS, Ahmad Fathul Bari angkat bicara terkait tak adanya atribut PKS saat deklarasi capres Anies Baswedan dengan cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 2 September 2023.

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Ahmad Fathul Bari mengatakan bahwa pemasangan atribut harus ada pembahasan di tingkat pimpinan pusat.

"Karena memang hari ini kita dikhususkan untuk konpers kan, untuk menyampaikan dan dalam pembahasan mungkin mereka (DPD PKS Surabaya) tidak berani untuk mendahului ya untuk pemasangan karena kan ada pembahasan di tingkat pimpinan pusat," ujar dia kepada wartawan di DPP, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 September 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Ahmad Fathul Bari menyebut setiap langkah yang diambil PKS selalu berdasarkan putusan pimpinan pusat. Sehingga, lanjut dia, pemasangan atribut tersebut juga harus berdasarkan keputusan pimpinan.

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin deklarasi di Surabaya

Photo :
  • tvOne
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Sekarang kan sudah jelas, yang diusung PKS memang pak Anies. Jadi itu sudah merupakan keputusan majelis syuro sebelumnya. Jadi sebetulnya tidak terlalu masalah, tapi kan tetep setiap langkah yang dilakukan harus berkoordinasi dengan Pimpinan pusat sehingga karena di sini ada persiapan untum konpers, mungkin secara teknis itu tidak dilakukan di sana oleh teman-teman (masang atribut PKS)," katanya. 

Sebelumnya, Petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) batal menghadiri deklarasi pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan - A Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023. Belum diketahui apa alasan PKS batal hadir.

"Presiden PKS (Ahmad Syaikhu) tidak jadi hadir," kata Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, dikonfirmasi VIVA.

PKS, lanjut dia, juga tidak mengirim perwakilan dari DPP untuk menghadiri deklarasi Anies-Cak Imin. Begitu pula dari DPW PKS Jatim, tidak diperintahkan untuk menghadiri acara tersebut.

"Kalau saya di PKS Jatim sifatnya membersamai Presiden PKS," tandas Irwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya