Lempar Pantun, Hasto Sebut Mahfud Bacawapres yang Lurus dan Tegak

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai salah satu bakal calon wakil presiden (cawapres) yang lurus dan tegak. 

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Hal itu disampaikan Hasto melalui sebuah pantun saat menjadi pembicara dalam acara 'Forum Diskusi Pemilu' yang ditayangkan di kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Rabu, 13 September 2023. 

"Siapa yang tidak tahu Profesor Mahfud MD,

Mahfud Khawatir Korupsi Meluas dan Merusak Negara jika Jumlah Kementerian Bertambah

Salah satu bacawapres yang lurus, tegak dan suka wedang ronde,

Pemikirannya luas hingga beberapa dekade,

Reaksi Jokowi soal Fotonya Dicopot dari Sejumlah Kantor PDIP

Di tangannya rakyat semakin pede," ucap Hasto melalui pantun.

Pantun yang dibacakan Hasto itupun menuai tepuk tangan hingga tawa dari Mahfud serta para tamu yang hadir dalam forum tersebut.

Menkopolhukam Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

6 Kandidat Cawapres Ganjar, Ada Mahfud MD 

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan, ada lima poin yang menjadi pertimbangan dalam menentukan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden 2024.

"Kewenangan bakal cawapres Mas Ganjar akan ditentukan oleh para ketua umum partai, dan Mas Ganjar. Pembobotan dalam menentukan bakal cawapres Mas Ganjar ada banyak timbangan," kata Said di Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Dia menjelaskan, pertimbangan tersebut yaitu, pertama, watak ideologis yang menunjukkan keberpihakannya terhadap kepentingan nasional. Kedua, merepresentasikan aspek kewilayahan, latar belakang, rekam jejak, jiwa kerakyatan dan kenegaraannya.

"Ketiga, elektabilitas untuk mendongkrak kemenangan; keempat, unsur bonding-nya dengan Mas Ganjar, sebab tidak bisa 'kawin paksa'; dan kelima, daya dukung politik kepartaian," ujarnya.

Dia menjelaskan kewenangan siapa yang akan mendampingi Ganjar di Pilpres 2024, secara organisasi harus dibicarakan melibatkan banyak pihak. Ketua Umum PDIP dibantu Puan Maharani dan Prananda Prabowo, terus membangun komunikasi politik dengan para ketua umum partai-partai, karena sama sama menginginkan Ganjar menang dalam pilpres.

"Faktor penting yang dilakukan oleh Ibu Ketua Umum melalui Mbak Puan Maharani adalah mendiskusikan calon wakil presiden dari Mas Ganjar dengan Mas Ganjar sendiri. Atas dasar itu semua, maka kewenangan bakal cawapres Mas Ganjar akan ditentukan oleh para ketua umum partai, dan Mas Ganjar," katanya.

Atas dasar itu, menurut dia, maka para ketua umum parpol koalisi dan Ganjar Pranowo sedang membuat simulasi dengan kelima pertimbangan. "Muncullah nama-nama kandidat sebagaimana yang disebutkan oleh Mbak Puan, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gibran Rakabumi, dan belakang ada Ridwan Kamil dan Mahfud MD," ujarnya.

Said mengatakan, nama-nama tersebut masih menjadi pertimbangan para ketua umum untuk dikerucutkan dan didiskusikan dengan Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya