Heboh Ganjar di Tayangan Azan TV, Mahfud MD Ungkap Ciri-ciri Politik Identitas

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menkopolhukam Mahfud MD meminta publik menyadari saat adanya calon presiden yang menggunakan politik identitas. Sebab, mereka sengaja memanfaatkan terjadinya polarisasi dengan politik identitas untuk mencapai kekuasaan, sehingga cenderung hanya akan memperjuangkan kepentingan pribadi dan kelompoknya, bukan bangsanya. 

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

“Politik identitas itu beda dengan identitas politik. Kalau identitas politik masing-masing kita punya Pak Hasto PDIP, Abu Bakar PKS, itu identitas politik. Tapi kalau politik identitas itu, satu identitas yang digunakan berdasar ikatan primordial untuk memojokkan dan mendiskriminasi orang lain,” kata Mahfud MD, Kamis, 14 September 2023.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini pun berharap masyarakat mampu menilai calon terbaik yang sekiranya mau mendengarkan aspirasi rakyat, bukan hanya aspirasi kelompoknya.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Selain itu, menurut Mahfud, dibutuhkan kedewasaan dan kematangan berpolitik agar proses demokrasi lima tahunan yang penuh dengan keberagaman ini berjalan secara demokratis dan bermartabat.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

“Calon yang terbaik itu di manapun di dunia ini tidak ada, karena yang kita pilih manusia. Tetapi Pemilu ini adalah untuk memilih yang terbaik di antara orang-orang yang sama-sama punya kejelekan yang lebih sedikit. Kejelekannya yang dipilih berdasarkan ukuran-ukuran aspirasi kita,” ujarnya.

Mahfud juga mendorong tokoh agama, tokoh masyarakat, para akademisi, dan para mahasiswa dapat mengambil peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, baik dengan menggunakan hak pilihnya, menggunakan keilmuannya, menggunakan ketokohannya. 

“Sehingga pemilu yang bermartabat dengan menghargai keberagaman dapat benar-benar terwujud di Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, bakal capres PDIP Ganjar Pranowo muncul dalam tayangan azan Magrib di salah satu stasiun televisi. Ganjar yang muncul sebagai modelnya itu berawal dengan pemandangan alam Indonesia dan Ganjar muncul menyambut jemaah yang akan salat. 

Terlihat dalam tayangan azan tersebut, Ganjar memakai baju koko berwarna putih, peci hitam, dan sarung batik. Ganjar juga muncul saat sedang melakukan wudhu sebelum salat dan duduk di saf depan sebagai makmum salat.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan munculnya Ganjar Pranowo dalam video azan itu bukan sebagai bentuk politik identitas. 

"Bukan (politik identitas), karena dari sisi Pak Ganjar Pranowo merupakan sosok yang religius, religiusitasnya tidak dibuat-buat," kata Hasto dikutip pada Minggu, 10 September 2023. 

Ia menilai tidak perlu lagi meragukan sosok religiusitas Ganjar, karena memang pribadinya terlihat rajin beribadah dan santun. Apalagi, kata Hasto, istri Ganjar yaitu Siti Atiqah berasal dari kalangan pesantren. Sehingga, ia melihat sosok Ganjar yang rajin beribadah tidak dibuat-buat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya