Coret RK dan AHY, PDIP Sebut Mahfud MD Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengungkap sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, peluang Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD besar kemungkinan jadi pendamping Ganjar.

Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

“Mungkin Pak Mahfud salah satunya (kader Nahdlatul Ulama),” kata Puan di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cilangkap pada Senin, 18 September 2023.

Namun, Puan belum mengetahui pengumuman nama bakal cawapres yang mendampingi Ganjar. Sebab, kata dia, pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih sekitar satu bulan lagi.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Puan tak menafikan ada dorongan agar tandem Ganjar segera dideklarasikan. Tapi, ia bilang jelang pendaftaran ke KPU, semua poros koalisi dan partai tentu punya strategi.

“Masih lama pendaftarannya, masih sebulan. Meskipun semuanya berharap secepatnya segera diputuskan. Tapi semua partai pasti punya strateginya masing-masing. Jadi, kita tunggu saja,” ujarnya.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani

Photo :
  • Antara Foto

Baca Juga: Ridwan Kamil Dikritik Terlalu Genit Berpolitik, Peluang Jadi Cawapres Tertutup?

Selain Mahfud, Puan menyebut beberapa nama yang kemungkinan berpeluang jadi pendamping Ganjar. Sejumlah nama itu di antaranya Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; hingga mantan Panglima TNI, Jenderal (purn) Andika Perkasa.

“Kan masih seperti nama-nama yang ada, Pak Erick Thohir, Pak Sandi Uno, Pak Andika, Pak Mahfud,” ujarnya.

Sebelumnya, Puan mengungkap beberapa nama sudah tercoret dari daftar nama bakal cawapres Ganjar yang diklaim sudah mengerucut. Selain Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga dicoret dari daftar tandem Ganjar di 2024.

Untuk AHY dicoret karena saat ini Partai Demokrat makin dekat dengan poros pendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres. Demokrat akan deklarasikan dukungannya terhadap Prabowo pada Kamis, 21 September 2023 melalui forum Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas.

Begitu pun Ridwan Kamil atau RK yang dicoret karena merupakan kader Partai Golkar. Status Golkar saat ini juga bagian poros pendukung Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya