Hasto PDIP Sindir Menteri Tak Beres Urus Proyek Food Estate, Gerindra Bilang Begini

Wakil Ketua Umum Gerindta sekaligus Waka Komisi III DPR RI, Habiburokhman
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Partai Gerindra santai menanggapi tudingan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yang menyebut proyek food estate tak berjalan baik lantaran ada menteri yang diduga bermain dengan kroni-kroninya.

Eks Ajudan Prabowo Blusukan di Kampung Solo Demi Maju Cagub Jateng

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburrokhman meyakini menteri yang dimaksud Hasto bukan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

“Saya nggak engerti apa tuduhannya ke mana, kroni itu siapa, menteri itu siapa? Yang jelas kalau di Kementerian Pertahanan tidak terjadi,” kata Habiburrokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 22 September 2023.

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

Habiburokhman mengklaim, Prabowo sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Bahkan, kata dia, beberapa program justru pernah menggunakan dana dari kantong pribadi Prabowo. “Nah, berarti kan sangat jauh dari estate of interest,” jelas Habiburokhman. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Prabowo Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Menko Airlangga Ungkap Sektor yang Bakal Digenjot

Apalagi, kata Habiburrokhman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membantah tuduhan Hasto sebelumnya yang menyebut program food estate sebagai proyek kejahatan lingkungan. Menurut dia, Kemenhan tak punya anggaran terkait  food estate.

“Lalu ada macam-macam tuduhan lain sebagainya. Kalau di Kemenhan jelas itu tidak terjadi, karena tidak ada anggarannya, belum ada anggaran satu rupiah pun di Kemenhan terkait food estate,” imbuhnya.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto sebelumnya menyinggung kembali program food estate program Presiden Jokowi yang tak berjalan dengan baik. Dia menuturkan proyek yang masuk program strategis nasional itu tak dijalankan dengan baik oleh menteri yang ditugaskan Jokowi.

Hasto bilang food estate bagian dari platform PDIP di bidang pangan. 

"Hanya ketika presiden Jokowi memberikan mandat kepada menterinya ini kan ada tidak menjalankan dengan baik karena estate of interest," kata Hasto di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 21 September 2023.

Ia pun menyoroti food estate yang tak digarap dengan baik oleh menteri terkait. Namun, ia tak menyebut nama menteri tersebut.

"Misalnya membentuk perusahan yang diisi oleh kroni-kroninya, bukan sesuatu yang sehat padahal seharusnya ketika kita berbicara food estate tidak bisa melepaskan hulunya," ujar Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya