Kaesang Ungkap Alasan Gabung PSI, Sudah Diizinkan Istri dan Pak Jokowi

Kaesang Pangarep Gabung PSI
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menjadi anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Penyerahan kartu tanda anggota (KTA) PSI itu dilakukan langsung Ketua Umum PSI, Giring Ganesha kepada Kaesang di Sumber, Solo, pada Sabtu, 23 September 2023.

Prabowo-Gibran Menang, Relawan: Program Harus Jalan dan Sampai ke Masyarakat

Saat prosesi penyerahan KTA PSI itu, Kaesang didampingi istrinya Erina Gudono. Penyerahan replika KTA berukuran besar itu juga disaksikan sejumlah petinggi PSI, di antaranya Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka dan jajaran pengurus lainnya.

Penyerahan KTA PSI dengan nomor keanggotaan S317420230151515 itu dilakukan di depan rumah pribadi Presiden Jokowi, usai para petinggi PSI mengadakan pertemuan tertutup dengan Kaesang di dalam rumah tersebut. Penyerahan KTA berlangsung dengan suasana penuh keakraban dan kehangatan.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Usai penyerahan KTA PSI, Kaesang Pangarep mengatakan perkenalannya dengan jajaran pengurus maupun kader PSI tidak hanya baru kali ini saja, tetapi sudah berlangsung lama. Bahkan, suami Erina Gudono itu mengaku telah lama menjalin komunikasi dengan jajaran pengurus teras PSI. Dari hasil komunikasi intens tersebut, lambat laun muncul ketertarikan untuk bergabung dengan PSI.

"Saya itu sebenarnya dengan teman-teman PSI bukan baru-baru aja, sebetulnya sudah cukup lama. Saya juga sudah bertemu dengan Bro William, Bro Mongol, dan yang pasti Bro Ketum juga waktu itu di podcast saya. Saya juga sering berkomunikasi intens dengan Pak Wamen, Sis Grace juga. Alhamdulillah komunikasinya slelau lancar, baik dan cair. Tapi kami waktu itu mikir kenapa nggak diseriusin aja sekalian," katanya.

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Dari hasil komunikasi dan bertukar pikiran itu, Kaesang mengaku memiliki keinginan yang sama agar anak-anak muda terlibat dalam sektor publik. Anak-anak muda, menurut dia, setiap kali pesta demokrasi lima tahunan sekali itu hanya dijadikan sebagai objek pasif.

"Kita mau mereka anak-anak muda itu menjadi objek yang aktif, karena mau bagaimana pun masa depan Indonesia untuk anak muda Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga memuji bahwa PSI merupakan partai yang bagus dan banyak diisi para generasi muda. Bahkan, anak-anak muda yang tergabung dalam partai tersebut memiliki integritas, kompeten dan memiliki semangat untuk membuat Indonesia lebih baik. Hanya saja, ia menyayangkan PSI tidak berhasil masuk ke Senayan pada Pemilu 2019.

"Coba kita lihat itu yang di Pemilu Thailand, yang menang kan Move Forward Party. Mereka bisa, kenapa di Indonesia tidak bisa. Setelah itu, saya pikir dan sudah berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI. Alhamdulillah, saya juga sudah mendapat izin dan restu dari istri saya," kata dia.

Lantas, ketika disinggung terkait pilihan partai yang berbeda dengan bapak dan kakaknya yang bergabung PDI Perjuangan, Kaesang dengan tegas bahwa saat ini dirinya sudah berkeluarga. Ia juga mengaku sudah meminta restu kepada Presiden Jokowi sebelum memutuskan untuk bergabung dengan PSI.

"Meminta restu pasti, tapi namanya beliau sibuk banget kan, mentok-mentok dapat lima menit," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya