Ganjar dan Tokoh Lintas Agama Sepakat Bersama Membangun Bangsa

Bacapres Ganjar Pranowo berdiskusi dengan para kiai dan tokoh lintas agama
Sumber :
  • Istimewa

Tangerang - Bakal calon presiden (Bacapres) RI, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dan menimba ilmu kepada sejumlah tokoh lintas agama di Kota Tangerang, Minggu, 24 September. Baik Ganjar maupun para tokoh agama bersepakat membangun bangsa secara bersama. 

Airlangga Ungkap Alasan Tak Bahas Program Anies dan Ganjar di Rapat Kabinet Jokowi

Pertemuan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudlotussalaam Cimone, Kota Tangerang itu dihadiri oleh pengasuh Ponpes KH Abdul Mu'thi, KH Hasan Basri, KH Ahmad Baijuri, KH Syahru Wardi, KH Mahmudin Abdullah, KH Abdullah Tholib. 

Selain itu, ada Romo Ruby ((Buddha), GST Artha (Hindu), Jhoni Tan (Tao), Herman Suhanda (Kong Hucu), PDT Ronny Samantimbang (Kristen). 

Ganjar Pranowo Kena Ulti Netizen Saat Tanya Harga Beras: Kalau 16 Persen Kan Suara Bapak

Menurut Ganjar, para tokoh agama punya peran penting untuk kelahiran dan keberlangsungan negara Indonesia. Keberagaman yang dimiliki Indonesia, lanjut Ganjar, harus terus dirawat dan dijaga. Salah satunya dengan melibatkan peran tokoh agama. 

"Apa yang kami lakukan di Jawa Tengah adalah merawat kebhinekaan dan toleransi. Salah satunya membuat saling menghormati. Candi Borobudur dan Prambanan kami jadikan pusat ibadah bagi umat Buddha dan Hindu, bukan hanya tempat wisata," katanya. 

Viral Loyalis Banteng Marahi Bambang Pacul: Orang Masih Suka Anda, Tapi Emoh Pilih Ganjar

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menceritakan saat bergandengan dengan ulama dalam mengentaskan kemiskinan melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah. 

"Saat itu APBD kita kecil, maka kita ketemu dengan ulama dan mengembangkan Baznas. Yang dulunya sebulan hanya Rp 200 juta, sekarang bisa Rp 6 miliar," paparnya. 

Ke depan, Ganjar akan melibatkan para tokoh agama untuk menentukan arah kebijakan. 

"Ke depan kita perlu mendengarkan para tokoh agama tiap perencanaan. Sehingga partisipasi yang merepresentasikan kelompok-kelompok itu kelak kemudian ikut serta berkontribusi memberikan masukan dalam pengambilan keputusan. Ini yang bisa menjaga situasi kondusif," pungkasnya. 

Sementara itu, KH Abdul Mu'thi menyampaikan bahwa Ganjar adalah sosok yang mampu bergandengan tangan sekaligus membawa aspirasi dari para ulama dalam membangun bangsa. 

"Pak Ganjar kita harapkan menjadi Presiden Indonesia 2024 dan malah kita mohon bisa dua periode nanti," ujar KH Abdul Mu'thi atau akrab disapa KH Utin.

Sekian kali pemilihan presiden, KH Utin panggilan akrabnya, hanya kali ini ia benar-benar memilih dan mendukung calon presiden, yakni Ganjar Pranowo

"Saya mengalami beberapa kali Pilpres. Kali ini yang pas saya pilih itu hanya Pak Ganjar, karena kita mengharapkan damai, kita bisa damai, bisa ibadah, pokoknya tentramlah," ungkapnya. 

Menurutnya, kalangan pesantren tidak asing lagi dengan sosok Ganjar Pranowo. Sebab, politikus berambut putih itu menikahi Siti Atikoh yang tak lain adalah cucu ulama besar di Purbalingga. 

"Pak Ganjar itu istrinya dari kalangan pesantren, keluarga pesantren. Ya, mertuanya seorang kiai yang punya pesantren," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya