Hadiri Diskusi Unhas, Anies Janji Setarakan Ekonomi di Indonesia Timur

Anies saat menghadiri talkshow Indonesian's Leader Talk di Unhas Makassar
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Makassar – Bakal Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan berjanji bakal mendorong kesetaraan ekonomi di Indonesia timur. Anies mengungkapkan bahwa selisih harga di kota besar bagian Indonesia Timur masih cukup besar sehingga perlu untuk disetarakan dengan Indonesia Bagian Barat.

Buka Perwakilan di 5 Negara, Ekonomi Kreatif RI Mulai Ekspansi ke Eropa

"Satu Indonesia, Satu Perekonomian. Ini di fase berikutnya. Di mana warga Indonesia, di mana saja tinggalnya perekonomiannya tersambungkan. Ada satu keutuhan perekonomian," ungkap Anies saat menghadiri talkshow Indonesian's Leader Talk di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Minggu 24 September 2023.

Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan

Photo :
  • Istimewa
Mendagri Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,11 Persen, tapi Akui Masih Belum Merata

Anies menyebut jika program Satu Indonesia, Satu Perekonomian sudah sangat memungkikan untuk diterapkan. Tentunya, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini bahwa program perekonomian yang setara ini akan menjadi PR untuk ke depan jika terpilih menjadi Presiden RI.

"Tentu ini akan jadi PR kita ke depan, bahwa ekonomi Indonesia ini satu perekonomian di mana kebutuhan-kebutuhan dasar kita bisa didapatkan dengan harga yang setara. Kalau sama, tidak mungkin, dalam perekonomian tidak ada harga sama, dalam ekonomi namanya setara," tutur Anies.

Ketegangan Geopolitik hingga Inflasi di Bawah Ekspektasi, OJK: Stabilitas Keuangan RI Masih Terjaga 

Menurut Anies, bahwa perbedaan harga masih banyak terjadi di wilayah Indonesia timur. Hal itu terlihat dari harga kebutuhan pokok dan harga komoditas dan kebutuhan pembangunan yang selisih harganya lumayan besar.

"Coba kita lihat dari sederet kebutuhan pokok, harga komoditas pokok untuk pembangunan, antara di kota besar dan kawasan timur Indonesia, selisih harganya luar biasa besar. Anda perhatikan air minum saja selisih harganya lumayan besar. Apalago bahan seperti semen, besi, kebutuhan pembangunan, selisih harganya cukup besar," katanya

Anies menyebut bahwa Indonesia ke depan seharusnya sudah bisa mempertahankan satu kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia. Namun, saat ini hal itu akan menjadi PR bagi dirinya. Sebab, selama kesetaraan harga belum tercapai di Indonesia, maka negara belum bisa disebut sebagai satu ekonomi.

"Olehnya itu, kami akan berusaha mempertahankan satu kesejahteraan untuk seluruh rakyat. Karena selama kita masih belum memiliki kesetaraan harga, maka kita belum bisa menyebut dirinya sebagai satu ekonomi. Indonesia ke depan, tidak cukup dipertahankan dengan pernyataan satu nusa satu bangsa satu bahasa persatuan. Harus dipertahankan dengan satu kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia," sebut Anies.

Anies mengaku jika nantinya dia terpilih memimpin Indonesia maka kesejahteraan yang paling utama akan dilakukan. Salah satuhnya mengintegarsikan perekonomian Indonesia. Dari pengintegrasian itu, nantinya akan mendongkrak unsur hal lainnya seperti pendidikan hingga kesehatan.

"Itu sebabnya, kita menginginkan agenda besar kami ke depan mengintegarsikan perekonomian Indonesia dan pengintegrasian ini memasukkan unsur mobilitas, memasukkan unsur pendidikan, kesehatan, sehingga hal-hal yang menjadi kebutuhan dasar bagi seluruh rakyat di mana pun berada itu terpenuhi," tutur Anies

Bacapres dan Bacawapres Anies-Gus Imin (AMIN) disambut jutaan massa

Photo :
  • Istimewa

Lebih jauh, Anies mengakui bahwa apa yang menjadi programnya itu tentu bukanlah pekerjaan yang ringan. Namun dia yakin dengan ikhtiar yqng kuat terus dilakukan tentunya akan memenuhi kebutuhan pokok setiap keluarga di Indonesia.

"PR ini bukan PR yang ringan. Dan kita berharap dengan pendekatan ini maka kebutuhan pokok setiap keluarga terpenuhi. Keluarga bahkan bisa menabung dan harapannya bisa melaksanakan masa depan juga dengan baik," ungkap Anies

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya