Kaesang Gabung PSI, PAN Minta Semua Pihak Menghormati

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangerap resmi bergabung menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Keputusan Kaesang tersebut dianggap bentuk kebebasan setiap warga negara Indonesia dalam menentukan pilihan politiknya.

Politikus PDIP: Jokowi Lebih Dengar Projo-Bara JP Ketimbang Lemhannas

"Kaesang adalah WNI, karena itu setiap warga negara berhak menentukan pilihan politiknya, berhak untuk terafiliasi dengan salah satu parpol. Pilihan politik itu adalah bagian dari kebebasan kita di alam demokrasi," kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay, Minggu, 24 September 2023.

Kaesang Pangarep menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 23 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/Aris Wasita
Prabowo Makan Bareng Jokowi di Istana Sekalian Laporan soal KTT Tanggap Darurat Gaza

Saleh meminta semua pihak menghormati pilihan Kaesang. Kendati pilihan politiknya itu berbeda dengan sang ayah, Presiden Jokowi dan kakaknya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kader PDIP. 

"Karena itu, kalau Kaesang menentukan pilihan bergabung dengan PSI, maka semua pihak harus menghormatinya dan kami juga dari PAN tentu menghormati pilihan itu," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Kata Anies Soal Peluang Duet Bareng Kaesang di Pilgub Jakarta 2024

Saleh menjelaskan, partai politik (parpol) tidak bisa mendikte pilihan politik Kaesang, bukan karena dari anak Presiden Jokowi, melainkan merupakan hak untuk berdemokrasi.

"Kami tidak bisa mendikte kepada kaesang. Bukan karena dia anaknya presiden, tapi karena warga negara, jadi warga negara itu berhak mengambil sikap politiknya terkait pilihan-pilihan yang ada," kata Saleh.

Saleh meyakini pilihan Kaesang gabung dengan PSI sudah dikaji dan dipelajari secara mendalam. Karena itu, Saleh mengingatkan agar semua pihak menghormati keputusan tersebut.

"Kaesang pasti sudah melakukan kajian mendalam, sudah melakukan mempelajari secara baik dengan PSI, kalau nggak salah isu dia gabung PSI itu sudah hampir satu minggu terakhir ini menghiasi media sosial dan media mainstream. Karena itu, kita menghormati pilihan yang ada, mudah-mudahn bisa berkarya dari dunia politik di PSI," imbuhnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi terjun ke dunia politik. Peresmian keanggotaan Kaesang dilakukan di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 23 September 2023.

Acara ini dihadiri oleh petinggi PSI seperti Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni. Hadir pula istri Kaesang, Erina Gundono.

"Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang," kata Grace Natalie.

Billboard PSI mendukung Kaesang jadi Wali Kota Depok

Photo :

Sementara Kaesang berdalih bergabung dengan PSI sudah melalui pertimbangan matang. Dia ingin menjadikan anak-anak muda aktif dalam dunia politik.

"Keinginan kami ingin anak-anak muda itu bisa lebih terlibat di sektor publik. Apalagi di Pemilu anak muda biasanya sebagai objek pasif," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya