Soal Calon Pendamping Ganjar, Hary Tanoe Ungkap Ada Nama Sandiaga dan Mahfud

Ganjar Pranowo pagi ini melakukan fun walk bersama Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo di wilayah Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo mengatakan, terdapat beberapa nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Beberapa nama itu di antaranya Sandiaga Salahuddin Uno dan Mahfud MD

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Hary Tanoe menuturkan, terkait pembukaan pendaftaran capres dan cawapres pada 19 Oktober mendatang, belum ada pembahasan secara khusus siapa yang akan menemani Ganjar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

"Saya rasa pilihan itu ada, tapi masih belum dibahas secara khusus karena masih lihat tentunya elektabilitas. Nanti pada waktunya akan ada rapat khusus membicarakan masalah itu," ujar Hary di Pacific Place Mall, Jakarta, Minggu, 24 September 2023. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ganjar Pranowo pagi ini melakukan fun walk bersama Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo di wilayah Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Namun, menurut dia, ada beberapa nama yang akan mendampingi Ganjar pada Pilpres mendatang. Nama-nama itu di antaranya Menparekraf Sandiaga Uno dan Menko Polhukam Mahfud MD. 

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Saya rasa beberapa nama, antara lain ya beliau Pak Sandi, Pak Mahfud dan juga nama yang lain. Pada intinya yang dipilih itu yang memiliki chemistry yang baik dengan pak Ganjar, dan juga yang bisa menambah suara tentunya ya. Cawapres itu harus bisa memberikan nilai tambah," jelasnya. 

Sebelumnya, Komisi II DPR RI bersama KPU RI dan Bawaslu RI menyepakati masa pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan pada 19 hingga 25 Oktober 2023 berdasarkan rapat konsultasi di Ruang Rapat Komisi II DPR RI, Jakarta, Rabu malam, 20 September 2023.

“Jadi, 19-25 Oktober 2023. Kita sepakat, ya? Oke,” kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia selaku pimpinan rapat Komisi II dengan KPU dan Bawaslu RI.

Kemudian, Doli yang merupakan Anggota Fraksi Partai Golkar ini menanyakan kepada anggota parlemen lainnya termasuk pemerintah terkait jadwal pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan pada 19 hingga 25 Oktober 2023.

Akhirnya, anggota Komisi II DPR RI dan pemerintah sepakat untuk jadwal pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden yang diusulkan tersebut. “Setuju,” jawab peserta sidang.

Sementara Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyebut dua opsi perubahan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden yaitu 10-16 Oktober, dan 19-25 Oktober 2023. Sedangkan penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta Pemilu 2024 disepakati pada 13 November.

"Penetapan (capres dan cawapres) 13 November. Demikian juga kalau masa pendaftaran mulai Kamis 19 Oktober sampai 25 Oktober, maka kemudian untuk penetapan dan pengumuman capres dan cawapres pada Senin 13 November," kata Hasyim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya