PDIP Bantah Kaesang Gabung PSI gegara Hubungan Megawati-Jokowi Retak

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) dalam acara Bu Mega Bercerita di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah renggangnya hubungan ketua umumnya Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu renggang itu karena bergabungnya putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Ibu Mega, pak Jokowi itu krek punya emosional bounding, punya desain masa depan. BRIN itu kan desain bersama-sama, Badan Riset Inovasi Nasional punya komitmen," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.

Presiden Jokowi dan Megawati di Istana, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat
Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Dia menuturkan dalam politik jangan melihat apa yang hanya tampak di permukaan,

"Lihat hubungan batinnya. Komitmen terhadap masa depan, komitmen terhadap rakyat," lanjut Hasto.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Dia juga membantah Megawati melakukan pertemuan dengan pengurus PDIP di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, dalam menyikapi bergabungnya Kaesang ke PSI. "Pertemuan itu tidak ada," jelas Hasto.

Hasto juga membantah narasi publik terkait bergabungnya Kaesang ke PSI, menandakan pilihan politik Presiden Jokowi dengan PDIP berbeda. Hasto pun menyanggah berkembangnya narasi tersebut.

"Melihat Presiden Jokowi, ibu Mega, PDI Perjuangan itu dalam satu napas sejarah yang panjang dan itu yang akan dilakukan," katanya.

Sebagai informasi, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, resmi telah menjadi kader PSI. Bahkan, Kartu Tanda Anggota atau KTA partai sudah diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha ke Kaesang di Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya Giring yang datang ke Solo, ada beberapa elite petinggi PSI lainnya seperti Raja Juli Antoni hingga Grace Natalie.

"Selamat bergabung di keluarga besar PSI ya Mas @kaesangp (Kaesang Pangarep)," kata Giring, dalam unggahan di akun Instagram miliknya, dikutip VIVA, Sabtu 23 September 2023.

Penyerahan KTA untuk Kaesang dilakukan di kediaman keluarga Presiden Jokowi, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Masuknya Kaesang sebagai kader PSI, sekaligus menjawab beberapa spekulasi sebelumnya terkait arah dukungan politik putra bungsu Presiden RI ke-7 Joko Widodo itu.

"Kita sama-sama berjuang ya Mas untuk Indonesia dan Aku akan berjuang juga melalui Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali," ujar Giring melanjutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya