8 Calon Hakim MK Jalani Fit and Proper Test di DPR, Arsul Sani Ikut Seleksi

Rapat kerja Komisi III DPR.
Sumber :
  • VIVAnews/ Foe Peace Simbolon

Jakarta – Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim konstitusi hari ini, Senin, 25 September 2023. Fit and proper test digelar di ruang rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

“Perkenankan kami membuka rapat uji kelayakan ini dan rapat digelar secara terbuka untuk umum,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburrokhman saat membuka fit and proper test. 

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi menegaskan bahwa Komisi III DPR RI akan transparan dan objektif dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap delapan calon Hakim Mahkamah Konstitusi untuk menggantikan posisi Wahiduddin Adams.
 
"Makalah para calon hakim telah kami terima, dan tentunya kami akan pelajari serta melakukan tes satu persatu. Nanti akan terlihat mana yang memiliki profesionalisme dan sikap Negarawan,” kata Andi Rio di Jakarta.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dia menilai tantangan terbesar dari para calon hakim konstitusi yang mengikuti uji kelayakan adalah perselisihan Pemilu 2024. Karena itu menurut dia, jabatan hakim konstitusi sangat berpengaruh dan menjadi wakil Tuhan dalam memutuskan kebenaran serta keadilan.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

"Perselisihan Pemilu 2024 akan banyak masuk ke MK. Tentunya hakim yang terpilih akan mengemban tugas besar dan Komisi III sangat berhati hati untuk menentukan mana yang terbaik dari delapan calon Hakim tersebut," ujarnya.

Andi Rio berharap hakim yang terpilih dapat selalu menjaga netralitas dan integritas. Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu menilai jangan sampai hakim yang terpilih, mudah tergoda dengan hal-hal apa pun yang dapat memengaruhi sebuah keputusan.

"Jangan sampai ada Hakim MK yang kembali tersandung dan terjerat masalah hukum seperti pada masa Hakim MK Aqil Mochtar. Kami ingin Hakim MK yang terpilih dapat benar benar menjadi wakil Tuhan sesungguhnya," tuturnya.

Diketahui, fit and proper test ini diikuti oleh delapan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka yakni Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Putu Gede Arya, Abdul Latif, Haridi Hasan, dan Arsul Sani.

Saat ini, pemarapan materi dari salah satu calon sedang berlangsung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya