JK: Bicara Politik di Masjid Silahkan Saja, Asal Jangan Kampanye

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla alias JK.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla alias JK tak mempersoalkan jika masjid dipakai untuk pembicaraan politik. Namun, dia meminta masjid jangan dipergunakan untuk kampanye

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

"Yang tidak boleh berkampanye di masjid. Kalau berbicara politik silahkan saja asal jangan berkampanye," kata JK di Jakarta, dikutip Selasa, 26 September 2023. 

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam di Indonesia sepakat melarang penggunaan masjid menjadi tempat untuk dukung di Pemilu 2024.

Sosok yang Kembali Laporkan Anwar Usman ke MKMK Dipolisikan

Kesepakatan ini terjadi pada Halaqah Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI yang bertajuk: Menjaga Ukhuwah Di Tempat Ibadah yang digelar di Aula Buya Hamka, Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Revisi UU MK Dibahas Diam-diam, PDIP: Ini Sisi Gelap Kekuasaan

Ditekankan, bahwa dalam rangka Pemilu 2024 semua pihak bertanggung jawab menjaga masjid tidak dijadikan sarana untuk dukung mendukung, tolak menolak dan saling menghujat. Begitpun juga saling menista dan adu fitnah. Begitu bunyi poin kesepakatannya.

Kesepakatan tersebut juga berusaha agar menjaga masjid dari kekotoran dan kegaduhan, baik benda, barang maupun perbuatan serta perkataan dan perilaku yang mengganggu kesuciannya.

Kemudian, menjadikan masjid sebagai tempat Ibadah yang memberikan kekhusyuan, ketenteraman, dan kedamaian. Selain itu, diharapkan juga tidak mengotorinya dengan tabligh yang provokatif dan agitatif.

Sebelumnya, dalam putusan MK memperkuat memperkuat larangan kampanye politik di tempat ibadah. Putusan MK itu merevisi penjelasan Pasal 280 ayat 1 huruf h UU Pemilu terkait larangan kampanye di tempat ibadah dan fasilitas pemerintah. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya