Jokowi: Kita Butuh Visi Taktis bukan Visi Awang-awang untuk 10 Tahun ke Depan

Presiden RI Jokowi saat Rakernas PDIP di Jiexpo, Kemayoran.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia untuk 5 tahun sampai 10 tahun ke depan membutuhkan visi yang taktis, bukan lagi visi dan misi yang mengawang-awang. Maka dari itu, kata dia, pembangunan infrastruktur yang berkaitan kedaulatan pangan harus dilanjutkan.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

“5 tahun ke depan, 10 tahun ke depan memang visi taktis itu harus kita miliki, bukan visi misi yang terlalu bagus di awang-awang, tapi visi taktis, rencana kerja detail, harus kita miliki,” kata Jokowi saat sambutan dalam Rakernas ke-IV PDI Perjuangan pada Jumat, 29 September 2023.

Tentu, Jokowi mengatakan semua sudah tahu bahwa jumlah penduduk Indonesia 278 juta orang. Sedangkan, kata dia, penduduk dunia sudah lebih 8 miliar penduduk dunia dan diperkirakan akan terus bertambah pada tahun 2030.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP.

Photo :
  • YouTube PDIP

“Karena pertumbuhan penduduk kita 1,25 persen kenaikannya per tahun,” ujarnya.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan pangan menjadi kunci seperti yang disampaikan Presiden ke-1 RI, Soekarno atau Bung Karno. “Pangan merupakan mati hidupnya suatu bangsa, itu betul sekali. Beliau sudah melihat kejadian yang sekarang ini kita alami,” jelas Jokowi.

Makanya, Jokowi berharap pemimpin negeri ini untuk lima tahun sampai 10 tahun ke depan harus memiliki visi taktis, plan atau rencana yang detail.

“Berapa waktu yang harus kita siapkan, berapa embung yang harus kita siapkan, berapa kilometer irigasi yang harus kita siapkan. Rencana detail itu ada dan kapan bisa kita selesaikan,” ungkapnya.

Ganjar Pranowo,Presiden Jokowi, & Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP.

Ganjar Pranowo,Presiden Jokowi, & Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP.

Photo :
  • YouTube PDIP

Jokowi menyebut pembangunan waduk saat ini sampai tahun 2024 diperkirakan baru akan tambah 61 waduk, sehingga total waduknya sekitar 230 waduk. Artinya, kata dia, masih kurang sekitar 300 waduk.

“Masih sangat kecil sekali kalau dibandingkan dengan Korea, dengan China, belum ada 10 persennya kita. Artinya masih perlu kerja keras untuk menyelesaikan infrastruktur yang berkaitan dengan pangan yang kita miliki,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya