Megawati Minta Presiden Jokowi Agar Lahan Subur Tidak Dialihfungsikan

Megawati Soekarnoputri, Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, meminta pemerintah untuk membuat peraturan agar lahan-lahan subur di Indonesia terjaga dan tidak dialihfungsikan. PDIP telah membuat peta tersebut.

Ini pentingnya Energi Hijau dan Lingkungan Terlindungi untuk Masa Depan

Itu dikatakan Megawati, dalam pidato di Rakernas ke-4 PDIP, yang memang mengangkat masalah kedaulatan pangan.

"Politik tata ruang harus memastikan lahan-lahan subur tidak boleh dialihfungsikan, Bapak Presiden kami telah membuat peta Indonesia untuk tanah-tanah yang subur di tempat ini," ujar Megawati dalam sambutan pidato ya di Rakernas ke-IV, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 29 September 2023.

Inisiatif untuk Menekan Dampak Pemanasan Global Terus Dilakukan

"Saya ingin minta sedikit supaya dalam peraturannya tanah-tanah subur sudah tidak boleh di konversi Bapak Presiden, karena jangan lupa kita adalah negara kelautan terbesar di dunia," sambungnya.

Presiden Republik Indonesia ke-5 itu mengatakan, koridor pembangunan nasional ke depan harus dimulai dari laut. Ia pun menuturkan hal itu dapat dilakukan dengan mengedepankan cara pandang geopolitik Soekarno.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

"Koridor strategis ini ditopang oleh perguruan tinggi di setiap wilayah dengan memanfaatkan geo-strategis dan geo-ekonomi terintergrasi dengan jalur perdagangan dunia,"  kata Megawati.

Megawati juga menilai, laut dapat menjadi pembangunan koridor strategis. Maka dengan begitu, kata dia,  pembangunan tidak harus bertumpu di darat dan lahan-lahan subur itu bisa terjaga untuk membangun ketahanan pangan.

"Dalam perspesktif ini, Alur Laut Kepulauan Indonesia yang disingkat ALKI harus menjadi jalur pembangunan koridor strategis dari laut, sehingga tidak lagi mengorbankan hutan dan lahan-lahan pertanian di daratan," jelasnya.

Diketahui, Rakernas itu dihadiri oleh Presiden Jokowi; Wakil Presiden, Ma'ruf Amin; Bacapres Ganjar Pranowo

Selain itu keempat ketua umum partai politik pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 juga hadir, di antaranya yaitu Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, dan Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (Oso).

Selain jajaran para ketua umum, Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD; Menteri Sosial; Tri Rismaharini, Menkumham; Yasonna Laoly dalam Rakernas IV PDIP tersebut. 

Ada Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Menteri ATR/BPN; Hadi Tjahjanto dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Kepala Bulog, Budi Waseso juga turut hadir.

Kemudian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Trenggono dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Ratusan ribu kader dari tiga pilar partai PDIP hadir memadati arena Rakernas IV. Adapun, pilar pertama adalah struktural partai, anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, pengurus partai, DPLN, DPC, DPD, hingga DPP partai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya