Soal Cawapres, Ganjar Sebut Peluang Mahfud MD dan Khofifah Imbang

Ganjar Pranowo, Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan peluang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD untuk menjadi bakal cawapres pendampingnya di Pilpres 2024 masih sama. 

Ganjar Ngaku Siap jadi Oposisi Prabowo, Senior PDIP Bilang Itu Murni Pribadi Bukan Partai

Menurutnya, siapapun yang terpilih dari kandidat nama cawapres tersebut, akan segera dikomunikasikan.

"Masih, semua masih, semua punya kesempatan yang sama, tinggal komunikasinya saja," kata Ganjar di acara Rakernas IV PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumatz 29 September 2023.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Istimewa

Namun, Ganjar tak mempermasalahkan jika berkembang isu yang menunjukkan bahwa Khofifah dan Mahfud MD menjadi kandidat cawapres terkuat.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini meminta publik bersabar karena nama bacawapres akan diumumkan sebelum masa pendaftaran 19-25 Oktober 2024.

"Biarkan para pengambil keputusan yang sudah diberikan kewenangan berbincang terlebih dahulu. Nanti akan diumumkan dan pada saatnya nanti pasti saya ajak," katanya.

Lebih lanjut, Ganjar mengungkapkan kemungkinan besar cawapresnya berasal dari kalangan religius. Sebab, PDIP umumnya menggunakan pola nasionalis-religius.

"Ya sangat mungkin, tapi religiusitas dari tokoh-tokoh yang pernah disebut, kan bagus," tuturnya.

Dikabarkan, nama Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD jadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan dua nama tersebut sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri. Isunya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sudah mengantongi nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai capres, di Pilpres 2024 nanti. Diduga nama itu akan disampaikan di Rakernas ke-4 PDI saat ini.

Itu dikatakan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Hasto menyebut, untuk cawapre definitif yang akan dipilih tinggal menunggu pengumuman dari Megawati Soekarnoputri. Para ketua umum parpol pendukung Ganjar pun sudah menyampaikan masukan soal cawapres ke Megawati.

"Ya nama sudah ada. Tunggu tanggal mainnya saja dari Bu Megawati Soekarnoputri. Masukan dari presiden, dari para ketum partai, sudah disampaikan," ujar Hasto saat menjawab pertanyaan dua nama cawapres Ganjar di JiExpo, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya