Megawati Dikabarkan Sudah Bertemu Khofifah, PDIP Buka Suara

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi keterangan.
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto buka suara soal kabar pertemuan ketua umumnya, yaitu Megawati Soekarnoputri dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Prabowo Unggah Kenang 103 Tahun Kelahiran Soeharto, PDIP: Tak Ada Persoalan

Hasto menegaskan bahwa Megawati Soekarnoputri sudah sering bertemu dengan Khofifah Indar Parawansa dan hal tersebut merupakan hal biasa yang dilakukan.

"Pertemuan ibu Mega dengan ibu Khofifah kerap berulang kali ada pertemuan pada saat pertemuan para kepala desa seluruh Indonesia," kata Hasto kepada wartawan di DPP PDIP, Selasa, 3 Oktober 2023.

PDIP Kritik Gibran Bagi-bagi Buku Bergambar Jan Ethes di Jawa Timur

Hasto menyebutkan, salah satu pertemuan dengan Khofifah yaitu pada saat Megawati melakukan peninjauan kebun raya mangrove di Surabaya pada bulan Juli 2023 lalu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA
Hasto PDIP: Di Politik, Kita Diajarkan Bu Mega Tak Boleh Dendam

"Ada pertemuan juga pada saat meninjau Mangrove, karena bu Mega ini pecinta lingkungan, sehingga menempatkan pilpres pileg sebagai komitmen dalam membangun kehidupan bagi masa depan melalui kegiatan merawat pertiwi," kata Hasto.

Namun, Hasto belum menjelaskan secara rinci terkait pertemuan Megawati dengan Khofifah, baik membahas cawapres Ganjar Pranowo maupun tidak.

"Dalam pertemuan itu membahas tentang mangrove, pemerintahan ke depan, karena orang hanya fokus dengan figur, hal-hal yang sangat fundamental terkait narasi, visi-misi, agenda strategis itu yang seharusnya kita gali dari para pemimpin tersebut," tuturnya.

Kabar pertemuan antara Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dengan Mahfud MD diungkapkan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy. Selain Mahfud MD, Rommy juga membeberkan kalau Megawati sudah bicara 4 mata dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Yang saya dengar, nama keduanya (Mahfud dan Khofifah) memang beredar setelah keduanya diterima secara terbatas pada kesempatan terpisah oleh Ibu Mega," ujar pria yang akrab disapa Rommy dalam keterangannya.

Tak hanya dengan Megawati, Rommy menyebutkan, Mahfud MD juga sudah bertemu secara langsung dengan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono. "Bahkan MMD juga sudah bertemu dengan Ketum PPP, pak Mardiono, beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menilai pertemuan tertutup Mahfud dan Khofifah dengan Megawati tidak fokus pada urusan bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Dikabarkan, nama Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD jadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan dua nama tersebut sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri. Isunya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan peluang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD untuk menjadi bakal cawapres pendampingnya di Pilpres 2024 masih sama. 

Menurutnya, siapapun yang terpilih dari kandidat nama cawapres tersebut, akan segera dikomunikasikan.

"Masih, semua masih, semua punya kesempatan yang sama, tinggal komunikasinya saja," kata Ganjar di acara Rakernas IV PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya