Mahfud MD Blak-blakan Akui Sudah Bertemu dengan Megawati

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD blak-blakan mengakui pertemuannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membahas tentang ideologi dan konstitusi.

Grace Natalie Jabat Komisaris MIND ID, Kaesang Tegaskan Ini

"Bahas bermacam-macam, karena ... beliau Kepala Pengarah BPIP, saya Menkopolhukam, itu ada kaitannya antara ideologi dan konstitusi," kata Mahfud MD kepada wartawan di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Kendati demikian, Mahfud membantah soal rumor atau spekulasi politik bahwa Megawati menawarinya untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Megawati, katanya, tak akan membicarakan masalah politik praktis di tempat dan waktu yang tak tepat. Lagi pula, kalau Megawati mau membicarakan hal itu, dialah yang akan menentukan jadwalnya.

Kiai Keramat Mbah Latief Temui Sudaryono, Didoakan Jadi Gubernur Jateng

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

"Oh, ndak ada [tawaran cawapres], masa nawarin cawapres di tempat begitu. Kan nanti urusan Bu Mega yang akan menentukan. Biar itu berkembang sesuai dengan perkembangan politik kita dan mengarah ke jadwalnya nanti yang akan datang," katanya.

Soroti Pilkada di Kaltim, KPU Diminta Turun Tangan Awasi Langsung Administrasi Verifikasi

Pertemuan tersebut, katanya, merupakan pertemuan yang biasa ia lakukan ketika menjabat sebagai Menkopolhukam. Ia juga mengaku kerap bertemu dengan teknokrat hingga petinggi partai politik, misalnya dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, termasuk Megawati.

Kabar pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dengan Mahfud MD diungkapkan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy. Selain Mahfud MD, Rommy juga membeberkan bahwa Megawati sudah bicara empat mata dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Yang saya dengar, nama keduanya (Mahfud dan Khofifah) memang beredar setelah keduanya diterima secara terbatas pada kesempatan terpisah oleh Ibu Mega," ujar Rommy dalam keterangannya.

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tak hanya dengan Megawati, Mahfud MD juga sudah bertemu secara langsung dengan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono. "Bahkan MMD juga sudah bertemu dengan Ketum PPP, Pak Mardiono, beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menilai pertemuan tertutup Mahfud dan Khofifah dengan Megawati tidak fokus pada urusan bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Nama Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD jadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan dua nama tersebut sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri. Isunya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya