Temui Buruh di Bandung Barat Bareng Andi Gani, Ganjar: Kita Dialog Dengarkan Aspirasi

Bacapres Ganjar Pranowo dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea
Sumber :
  • istimewa

Bandung Barat - Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mendatangi Desa Gadobangkong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa kemarin. Kedatangan eks Gubernur Jawa Tengah itu disambut ribuan buruh dan warga setempat. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Ganjar dalam kesempatan itu ditemani Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea dan Ketua Relawan Buruh Sahabat Ganjar Provinsi Jabar Kiki Permana Saputra. 

Salah satu aktivitas Ganjar mendatangi rumah salah satu anggota Relawan Buruh Sahabat Ganjar. Politikus PDIP itu makan bersama secara sederhana sambil lesehan diselingi dialog dengan para buruh. Ganjar mengaku senang bisa menyapa dan mendengar aspirasi para buruh. 

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Alhamdulilah hari ini bisa menyapa para buruh. Dikasih makan sayur lodeh enaknya luar biasa. Salat magrib bareng, tentunya sambil mendengar agenda perjuangan buruh," kata Ganjar, dalam keterangannya, dikutip pada Rabu, 4 Oktober 2023. 

Bacapres Ganjar Pranowo.

Photo :
  • istimewa
Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Ganjar menuturkan, persoalan upah juga dibicarakan dalam dialog dengan buruh. Aspirasi buruh ingin agar masa depan buruh lebih sejahtera. 

"Kita dialog bagaimana menghitung upah. Apakah kita masih mau menggunakan rezim upah minimum atau ada cara yang lain?" ujar Ganjar. 

Dia mengataka dalam penghitungan upah itu apakah berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi atau menghitung lagi dengan survei kebutuhan hidup layak atau KHL.

"Tentunya ini tidak cukup, bagaimana investasi juga bisa masuk agar tenaga kerja bisa terserap yang tidak terserap bisa disiapkan kewirausahaan," lanjut Ganjar. 

Kemudian, ia mengaku sudah puluhan tahun berhubungan baik dengan buruh. Dia menceritakan jika ada yang mau diputuskan termasuk UU Cipta Kerja, dirinya selalu kontak Andi Gani. "Agak berkelahi juga sih ya tapi diskusinya asyik. Jadi, kita buka ruang perdebatan yang menarik," ujarnya. 

Terkait putusan MK yang menolak gugatan buruh terhadap UU Cipta Kerja, Ganjar minta agar segera diperbaiki. Buruh juga menyampaikan aspirasi agar Ganjar bisa meninjau kembali UU Cipta Kerja khususnya Klaster Ketenagakerjaan. "Karena itu merugikan dan kami meminta buruh terlibat dalam penyusunan UU Cipta Kerja," ujarnya. 

Sementara, Andi Gani menyampaikan, KSPSI sebagai konfederasi buruh terbesar dengan jutaan anggota di Indonesia siap all out memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Status Andi juga merupakan Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar

Menurut Andi, usai dari Bandung Barat, Ganjar akan ke Sumedang, Bandung, dan Cimahi serta basis-basis buruh lainnya. 

Dia bilang, aksi all out ini dibuktikan dengan dideklarasikannya Relawan Buruh Sahabat Ganjar di 9 provinsi di antaranya Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, Papua, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. 

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Andi memastikan Ganjar sudah sejak dulu dekat dengan buruh bukan saat mau Pilpres saja. Ia mencontohkan, Ganjar yang berani menemui massa buruh saat unjuk rasa.

Dia meyakini figur Ganjar bisa memenangkan Pilpres 2024. Relawan Buruh Sahabat Ganjar akan berjuang semaksimal mungkin dengan mengoptimalkan suara buruh. 

Pun, saat di rumah buruh, Andi Gani minta Ganjar untuk merubah sistem pengupahan dengan kembali menggunakan survei KHL. Formula tersebut dinilai lebih memenuhi rasa keadilan buruh dan tak ada ketimpangan upah antar wilayah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya