Andi Widjajanto Masuk Tim Ganjar, Cak Imin Peringatkan Lemhannas Jangan Partisan

Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ditemui di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menanggapi kabar penunjukan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto masuk dalam tim pemenangan Ganjar Pranowo.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

"Saya berharap Lemhannas tetap independen, Lemhannas jangan partisan; syukur-syukur Lemhanas betul-betul membuktikan tidak berpihak," kata Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2023.

Meski begitu, Wakil Ketua DPR RI itu mengaku belum memeriksa ihwal posisi Lemhannas apakah jabatan politik atau struktural. "Saya lupa, ya, itu sudah ada perubahan atau belum. Kalau dulu, seingat saya, Lemhanas itu diduduki oleh pejabat struktural yang aktif jenderal berbintang atau ilmuwan yang punya, kayak Juwono Sudarsono, ya, pegawailah, gitu."

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Bakal calon wakil presiden Anies Baswedan itu menilai, bila Lemhannas merupakan jabatan politik, tidak ada masalah untuk masuk tim pemenangan. Kalau memang itu jabatan politik, menurutnya, tidak ada masalah jika Andi menjadi tim sukses; tetapi jika sebaliknya, artinya jabatannya struktural, jelas tidak boleh.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto usai konferensi pers di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

Andi Widjajanto memilih bergabung ke Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) kemudian ditunjuk sebagai Deputi Politik 5.0 TPN GP, sebagaimana diumumkan oleh Ketua TPN GP Arsjad Rasyid pada Rabu lalu.

"Ada dua deputi yang saya umumkan hari ini dengan pertimbangan yang bersangkutan adalah seorang tokoh, memiliki kredibilitas dan profesional, yaitu Deputi Politik 5.0 TPN GP, Andi Widjajanto, serta Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan ditunjuk jadi Deputi Kinetik Teritorial TPN GP," kata Arsjad kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya