Airlangga Targetkan Golkar Raih 116 Kursi DPR di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berpidato dalam Rapat Pimpinan Nasional Golkar Tahun 2023 di kantor pusat partai, Jakarta, Sabtu, 21 Oktober 2023.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menargetkan Partai Golkar bisa meraup 20 persen suara atau 116 kursi DPR RI, pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang.

Airlangga: Singapura-Malaysia Tidak Senang RI Punya Industri Semikonduktor

Hal itu diutarakannya dalam konferensi pers usai menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar, yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Partai Golkar ke-59.

"Untuk menghadapi pemilu di tahun 2024, Partai Golkar menargetkan 20 persen suara atau 116 kursi," kata Airlangga di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu, 21 Oktober 2023.

DPR Minta Kasus TPPU Panji Gumilang Segera Diusut Tuntas

Airlangga Hartarto, HUT Partai Golkar ke-59

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara untuk Pilkada, Airlangga menegaskan, Golkar menargetkan suara sebesar 60 persen. Untuk jadwal Pilkada akan segera dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

"Untuk menghadapi Pilkada yang akan segera dibahas di DPR terkait jadwal, Partai Golkar menargetkan 60 persen. Ini Rapimnas menjelang Pileg dan Pilpres tadi," ujarnya.

Rapimnas Partai Golkar kali ini diakui Airlangga juga menghasilkan dukungan bagi sosok cawapres terpilih pendamping Prabowo, yakni Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Mendukung dan mengusung Bapak Prabowo Subianto sebagai bacapres, dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden," kata Airlangga.

"Tadi surat keputusan sudah diserahkan kepada Mas Gibran, dan juga dihadiri langsung oleh Bapak Prabowo Subianto. Ini menjadi bahan untuk pertemuan antara ketua umum," ujarnya.

Airlangga Hartarto, HUT Partai Golkar ke-59

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diketahui, dalam Rapimnas yang digelar di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat hari ini, Airlangga sempat bertanya langsung kepada para kader Golkar yang hadir. Hal itu dilakukan sebelum meresmikan dukungan Partai Golkar kepada Gibran, untuk dipilih sebagai cawapres yang diusung Golkar demi mendampingi Prabowo Subianto.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawpares Republik Indonesia," kata Airlangga.

"Apakah setuju?" tanya Airlangga yang langsung dijawab setuju oleh para kader Golkar yang hadir.

Airlangga pun mengetuk palu dan memutuskan secara resmi bahwa Partai Golkar sepakat mendukung Gibran, untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya