Desain Besar Wilayah Rampung Agustus

Setya Novanto dan Priyo Budi Santoso (Golkar)
Sumber :
  • VIVAnews/ Anggi Kusumadewi

VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, menyatakan bahwa pemerintah telah menjanjikan bahwa grand design kewilayahan akan selesai pada Agustus mendatang. Harapannya, grand design tersebut dapat menjadi acuan pengembangan wilayah di Indonesia.

"Saya membayangkan (grand design) itu menjadi tolak ukur bagaimana idealnya negeri kita terdiri berapa provinsi, kota dan kabupaten. Itu seyogyanya ada kisi-kisi di sana, tapi saya belum tahu," kata Priyo di DPR RI, Jakarta, Jumat 16 Juli 2010.

Menurut Priyo, masalah moratorium pemekaran daerah dikemukakan sebagai sebuah pandangan karena perlu adanya evaluasi. Dengan demikian menurutnya tidak perlu dipermasalahkan.

"Tidak perlu ada suatu yang dipolemikkan, Pak Marzuki (Ketua DPR Marzuki Alie) juga tidak salah karena menyampaikan pandangan dari memori ke-DPR-an," kata Priyo.

Priyo menambahkan, apabila pembentukan daerah otonom baru itu dilanjutkan juga tidak salah. "Moratorium itu kehendak menghentikan sementara, menunda sementara ini. Tapi proses yang sudah berjalan ya boleh saja. Ketua DPR tidak perlu dipersalahkan," kata Priyo.

Rapat konsultasi Presiden dan DPR kemarin lusa menghasilkan kesepakatan melakukan moratorium pemekaran daerah. Namun belakangan, kalangan Komisi II DPR menyatakan moratorium belum menjadi kesepakatan parlemen. (umi)

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang
Dok. Istimewa

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menghadiri Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum di Tokyo. Heru lihat penandatanganan tujuh dokumen kerja sama proyek MRT.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024