Yenny Wahid Sebut Keluarga Demokratis Meski Sang Suami Dukung Prabowo

Direktur Eksekutif Wahid Institute, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Jakarta - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid angkat bicara soal perbedaan pilihan pandangan politik dengan sang suami, Dhohir Farisi di Pilpres 2024. Sebab, suaminya mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara Yenny mendukung duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Yenny menegaskan bahwa dirinya tak masalah dengan pilihan politik sang suami. Ia melihat hal itu sebagai bagian dari demokrasi.

"Ini saya dan suami, keluarga kami adalah keluarga yang sangat demokratis," ujar Yenny kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lantas, Yenny menerima apapun keputusan yang diambil oleh anggota keluarganya. Termasuk, anggota keluarga lain juga saling menghormati keputusan yang diambil.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

"Jadi, meskipun pilihannya berbeda, kita saling menghormati pilihan masing-masing," kata Yenny.

Yenny pun mengungkap alasannya mendukung pasangan Ganjar-Mahfud di 2024 lantaran hanya mengikuti hati nuraninya saja. Ia juga menyebut Mahfud MD adalah sosok yang dekat dengan Gus Dur.

"Kalau buat saya, ikuti kata hati. Mengikuti kata hati, itu yang pertama. Beliau [Mahfud MD], orang yang dibawa Gus Dur untuk menegakkan hukum di Indonesia dan juga untuk menegakkan nilai pluralisme yang dibawa Gus Dur," ujarnya.

Diketahui, Dhohir Farisi saat ini masih terdaftar sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Di mana, PSI telah menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Barisan Kader (Barikade) Gus Dur yang dipimpin Yenny Wahid resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Jakarta, Jumat kemarin. Deklarasi itu dihadiri langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid.

Selain itu, ada Dewan Pegarah TKN sekaligus Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud Andika Perkasa, dan beberapa elite TKN lainnya seperti Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya