Momen Akrab Jokowi Makan Siang Bareng 3 Bakal Capres Perlu Diikuti Pendukung

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024
Sumber :
  • Biro Setpres

Bandar Lampung – Momen akrab makan siang bareng antara Presiden Jokowi dengan tiga baka capres perlu juga dilakukan di tingkat pendukung masing-masing. Dengan cara itu, bisa memperlihatkan Pilpres 2024 bisa berlangsung cair dan riang gembira.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

"Sepertinya memang para pendukung tiga capres juga perlu makan bareng. Sebab yang mereka usung dan dukung saja makan bareng, masak yang di bawah tegang," kata Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Fathul Mu'in, di Bandar Lampung, Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut dia, Pilpres 2024 merupakan ajang pertarungan gagasan untuk program kepemimpinan RI hingga 2029. Dengan demikian, para pendukung tak perlu tegang dan saling bermusuhan.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Pun, dia menekankan penting kerukunan di tingkat akar rumput agar semuanya masih terikat persaudaraan.
"Sehingga, jangan sampai Pilpres justru menjadi ajang permusuhan antar pendukung dan menjadi ajang tidak saling bertegur," jelas Fathul.

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres
Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Dia bilang untuk 2024 mesti berbeda karena bakal capres yang bersaing jumlahnya tiga.

"Pilpres 2024 ini harus lebih adem karena ada tiga calon. Ditambah mereka sudah memberikan contoh keakraban kepada publik," ujar Fathul.

Lebih lanjut, dia menuturkan, dengan momen tiga bakal capres sudah beri contoh makan bersama, maka para pendukung di tingkat daerah juga perlu mengikuti.

Bagi dia, dengan cara itu bisa untuk sedikit menurunkan ketegangan menjelang 14 Februari 2024. "Maka dari itu, baik pendukung Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di tingkat daerah perlu saling mengundang untuk makan bareng," ujarnya.

Kemudian, ia juga mengingatkan pentingnya agar Jokowi tetap netral di Pemilu 2024. Sebab, ia khawatir jika presiden terlibat aksi mendukung salah satu pasangan calon maka pilpres bisa berjalan tidak jujur dan adil. "Kalau presiden cawe-cawe proses demokrasi tidak akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi menjamu tiga bakal capres makan siang bersama di Istana, Senin kemarin. Tiga bakal capres tersebut yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto.

Momen akrab terlihat pada pertemuan para tokoh tersebut. Sebelum bertemu Jokowi, tiga bakal capres tampak berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka.

Ketiga bakal capres dan Jokowi tampak kompak mengenakan batik lengan panjang. Pertemuan diselingi perbincangan yang akrab dengan suasana makan siang.

Baik Jokowi dan tiga bakal capres duduk melingkar di hadapan sebuah meja makan bundar dengan beragam menu yang telah tersaji.

Laporan: Pujiansyah-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya