KPU DKI Mulai Distribusi Logistik Pemilu 2024

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jakarta – KPU DKI Jakarta mulai mendistribusikan logistik tahap pertama untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun, logistik yang dikirim belum termasuk surat suara.

Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi DKI Jakarta, Nelvia Gustina menerangkan, logistik yang sudah diproduksi saat ini baru bilik suara, kotak suara, dan tinta.

"Logistik pemilu tahap pertama pengadaan oleh KPU Provinsi yang sudah kami produksi adalah bilik, kotak suara dan tinta," kata Nelvia dalam keterangan tertulisnya diterima Kamis, 2 November 2023.

Digitalisasi dan Manajemen Logistik jadi Perhatian Lion Parcel untuk Dukung UMKM Jangkau Pasar

Penyortiran surat suara Pilkada 2018. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Nelvia menambahkan, pendistribusian logistik pemilu tahap awal ini telah berlangsung sejak akhir Oktober 2024. Pihaknya, menargetkan tahap awal akan rampung pada 10 November 2023. 

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Dia menerangkan, untuk pendistribusian logistik surat suara akan dilakukan pada pengiriman logistik tahap kedua.

"Distribusi logistik tahap 1 seperti bilik dan kotak suara sudah mulai sejak tanggal 28 Oktober lalu rencananya hingga 10 November nanti," imbuhnya.

Untuk diketahui, beberapa logistik yang telah dikirimkan, antara lain yakni sebanyak 6.185 buah kotak suara dan 1.640 buah bilik suara.

Kemudian, 185.200 lembar segel plastik yang diterima untuk wilayah Jakarta Timur. Selain itu, sejumlah 352 bilik suara dan 356 kotak suara untuk wilayah Kepulauan Seribu.

Sementara logistik yang sudah diterima dan disimpan di Gudang KPU Kepulauan Seribu di Gedung Mitra Praja, dan juga Gudang KPU Jakarta Timur di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya