Hasto Tunggu Bobby Nasution Kembalikan KTA PDIP: Etika Politik, Mengundurkan Diri

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wali Kota Medan Bobby Nasution
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menunggu Bobby Nasution untuk mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai sampai batas waktu yang ditentukan, hingga Kamis, 9 November 2023. Bobby sudah menyatakan sikap politiknya yang berbeda dengan PDIP untuk Pilpres 2024.

Prabowo Terima Kunjungan Dubes Chile, Bahas Kolaborasi Pertahanan

Hasto menyinggung batas waktu yang ditentukan PDIP merujuk Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun yang berikan waktu dua sampai tiga hari kepada Bobby untuk mengembalikan KTA partai terhitung sejak Senin, 6 November 2023 lalu.

"Ya, semua melalui proses klarifikasi, karena kami bukan partai tirani. Kami Partai Demokrasi Indonesia yang memegang kultur demokrasi, sehingga melalui klarifikasi Pak Komarudin sudah melakukan itu dan kami tunggu dari batas waktu yang ada," kata Hasto di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 8 November 2023.

PDIP Kota Tangerang Bakal Interpelasi Pj Wali Kota Buntut Apel Harlah Pancasila

Politikus PDIP sekaligus Ketua Umum Barisan Pengusaha Pejuang Bobby Nasution memimpin deklarasi dukungan terhadap pasang capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu, November 2023.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Hasto kembali menegaskan setiap kader PDIP wajib tegak lurus untuk mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kontestasi Pilpres 2024. Sementara, Bobby sudah menyatakan mendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Apresiasi Uji Coba Makan Siang Gratis oleh Sejumlah Pihak

"Kemarin kami sudah berbicara baik baik, kalau mendukung yang lain silakan tetapi kemudian mengundurkan diri KTA-nya dikembalikan. Karena memang etika politiknya, ketika sudah memberikan dukungan kepada pihak lain, ya bertanggung jawab untuk mengundurkan diri," kata Hasto.

Sebagai informasi, PDIP beri waktu kepada kadernya yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution untuk menentukan pilihan politiknya. Waktu yang diberikan PDIP untuk Bobby adalah tiga hari.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) bercengkerama dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri zikir dan doa bersama di Lapangan Benteng, Medan, Sumatra Utara, Kamis malam, 26 Januari 2023.

Photo :
  • ANTARA

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun beri waktu ke Bobby untuk menentukan pilihan politiknya. Pilihan Bobby apakah mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Komarudin menegaskan Bobby juga mesti mengembalikan KTA partai jika ingin mendukung Prabowo-Gibran.

"Kita kasih dua-tiga hari nanti dia sampaikan. Kembali beberapa hari ini silahkan pikir baik-baik. Lalu, kembalikan KTA partai sebagai pengunduran diri di DPC PDIP kota Medan," kata Komarudin kepada wartawan di DPP PDIP, Senin, 6 November 2023.

Dia juga mengungkapkan perasaan Bobby saat minta izin untuk bergabung ke tim pemenangan duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Komarudin bilang Bobby masih belum bisa memutuskan karena perasaannya bergejolak untuk menentukan sikap politik di Pilpres 2024.

"Mas Bobby itu apa ya, antara perasaannya yang sekarang lagi bergejolak antara perasaan dan pikiran dia harus mau ke mana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya