Tudingan Jubir TPN Sebut Aparat Tak Netral Dinilai Tendensius dan Playing Victim

Aiman Witjaksono
Sumber :
  • Instagram @aimanwitjaksono

Jakarta - Tudingan Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono soal aparat yang tidak netral di Pemilu 2024, dinilai pernyataan yang tendensius dan terkesan playing victim.

Hakim Arief Heran Tanda Tangan Surya Paloh Berbeda di KTP dengan Surat Kuasa

Caleg PSI DPR RI dapil Jatim IX, Kardono Setyorakhnadi mengungkapkan, pernyataan Aiman soal adanya peran aparat untuk memenangkan salah satu paslon tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Saya melihat tudingan Aiman dan TPN sebagai tudingan yang tendensius, juga terkesan playing victim," kata Kardono kepada wartawan, Minggu, 12 November 2023.

Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri

Aiman Witjaksono

Photo :
  • Instagram @aimanwitjaksono

Kardono menambahkan, terkait sial isu perusakan baliho yang di framing oleh TPN juga terkesan playing victim. Menurutnya, pencopotan juga tidak hanya terjadi pada baliho pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

"Di setiap pemilu, hal seperti itu selalu terjadi. Dan bukan hanya baliho Ganjar-Mahfud, ataupun PDIP saja yang mengalaminya. Baliho PSI pun banyak yang dirusak dan hilang, ada di sejumlah daerah, dan kami tak ingin menduga-duga atau berprasangka buruk bahwa itu aparat. Bisa saja itu memang operasi yustisi dari Pemda setempat, dan kami tak ingin berspekulasi apa pun. Terutama menuding aparat," ujarnya.

Untuk saat ini, Kardono menekankan bahwa, TNI, Polri dan jajaran aparat lainnya terus berkomitmen untuk selalu menjaga netralitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.

"Itu adalah hal yang tak bisa ditawar. Selain itu, saya juga melihat bahwa secara umum dan secara institusi, aparat pemerintah yang sekarang secara terbuka mengumumkan netralitasnya. Di sinilah saya melihat ada playing victim di sana," ucapnya.

Aiman Witjaksono

Photo :
  • Instagram @aimanwitjaksono

Disisi lain, Ia juga menyinggung soal pemasangan CCTV di KPU. Pasalnya, kata Kardono, terkait hal tersebut sudah ada MoU antara Polri dan penyelenggara Pemilu untuk kepentingan pengamanan pesta demokrasi.

"Ketua KPU sudah menjelaskan ini adalah hasil MoU dengan Polri untuk mengamankan pemilu, tetap saja diserang. Lalu apa mereka maunya, polisi disuruh diam saja tak melakukan pengamanan, kalau ada apa-apa siapa yang bertanggung jawab, kalau tidak puas, kan tinggal minta transparansi dan akuntabilitasnya. Saya yakin Polri cukup terbuka untuk berkoordinasi dengan siapa pun dalam konteks pengamanan pemilu," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya