Wapres Ma'ruf Amin Minta TNI, Polri dan ASN Jaga Netralitas pada Pemilu 2024

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menjamin seluruh aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri akan bersikap netral pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Sebab, Indonesia sudah beberapa kali menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

“Saya kira Pemilu kita sekarang ini bukan yang pertama ya, kalau enggak salah sudah kelima kita ini,” kata Ma’ruf di Kantor Wakil Presiden, Selasa, 14 November 2023.

Sebenarnya, kata dia, Indonesia sudah punya pengalaman penyelenggaraan Pemilu. Menurut dia, sudah ada aturan dan komitmen bahwa pemilu diselenggarakan dengan jujur, adil (jurdil), dan rahasia.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Wapres KH Maruf Amin.

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

“Karena itu semua petugas, aparat, ASN, TNI, Polri, semuanya sudah ada aturannya untuk bersikap netral. Itu juga sudah disampaikan oleh Presiden,” ujarnya.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Maka dari itu, Ma’ruf meminta supaya para petugas baik TNI, Polri maupun ASN agar menjaga netralitas di lapangan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kita memang meminta supaya di lapangan para petugas kita, pelaksana kita baik dari TNI Polri maupun dari ASN itu harus menjaga netralitas. Itu komitmen kita bersama,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya