Ganjar Senang Dapat Nomor Urut 3 karena Sesuai Sila Ketiga Pancasila

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut tiga pada kontestasi Pilpres 2024. Ganjar mengaku bersyukur mendapat nomor urut tiga karena sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Jadi kita mendapatkan nomor 3 itu pas sesuai dengan sila ketiga, Persatuan Indonesia," kata Ganjar dalam pidatonya di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Tak hanya itu, dalam pidatonya Ganjar juga menyinggung situasi dan suasana politik di Indonesia yang diwarnai drakor alias drama Korea. "Beberapa hari ini kita sedang disuguhkan tentang drakor yang sangat menarik," ucapnya.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurutnya, suasana tersebut tentunya tak membuat nyaman. Oleh sebab itu, berbagai elemen masyarakat terus menyuarakan agar drakor tersebut segera selesai.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Melihat situasi belakangan ini tentu kita mendengar banyak pihak, kita menangkap apa yang menjadi kegelisahan suasana kebatinan yang muncul di masyarakat," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian dan penetapan nomor urut tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang maju jadi kontestan Pilpres 2024. Tiga pasangan capres dan cawapres masing-masing sudah mengambil nomor urut.

Dari hasil pengundian dan penetapan itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat nomor 1, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3, dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024 ko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam mekanisme kali ini, para capres cawapres mengambil nomor antrean terlebih dulu. Pun, pengambilan nomor antrean itu berdasarkan urutan kedatangan saat pendaftaran pasangan capres-cawapres dalam kurun waktu 19-25 Oktober 2023.

Saat pengundian nomor, Ketua KPU RI Hasyim Asyari mempersilakan tiga figur cawapres untuk maju ke depan terlebih dulu mengambil nomor antrean. Nama pertama cawapres yang dipanggil adalah Muhaimin Iskandar.

Lalu, cawapres berikutnya yang dipersiakan maju ke depan adalah Mahfud MD. Selanjutnya, adalah Mahfud MD.

"Berdasarkan tata tertib mekanisme pengambilan nomor urut diambil dari nomor antrean yang sudah diambil," kata Hasyim di gedung KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Dari urutan antrean dimulai Anies-Muhaimin, lalu Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran.

Dari tiga capres itu dipersilakan untuk dibuka secara bergantian.

"Dengan demikian nomor urut pasangan capres-cawapres untuk Pemilu tahun 2024 adalah nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD," jelas Hasyim.

Adapun komposisi tiga pasangan capres dan cawapres itu punya barisan poros pengusung. Seperti Anies-Muhaimin diusung Nasdem, PKS, dan Gerindra dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Lalu, duet Ganjar-Mahfud yang disokong PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Sementara, pasangan Prabowo-Gibran dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisikan Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan PSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya