Prabowo-Gibran Berpotensi Menang Satu Putaran dalam Pilpres 2024, Menurut Survei Polmatrix

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang satu putaran dalam Pemilu Presiden 2024 dengan elektabilitas mencapai 48,4 persen.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

"Prabowo-Gibran potensial memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran," kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Dengan raihan elektabilitas mendekati 50 persen, Prabowo-Gibran unggul jauh dua pasangan lainnya. Ganjar-Mahfud menduduki peringkat kedua dengan elektabilitas 26,6 persen, sedangkan Anies-Muhaimin 17,3 persen dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 7,7 persen.

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Keunggulan Prabowo Subianto semakin melejit setelah berpasangan dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka," kata Dendik.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Pada survei bulan Juli, elektabilitas Prabowo dalam simulasi banyak nama mengalami tren kenaikan menuju level 30 persen.

Putusan Mahkamah Konstitusi yang memperbolehkan pemimpin negara berusia di bawah 40 tahun tetapi telah menjabat kepala daerah untuk dicalonkan pada Pilpres melempangkan jalan bagi Wali Kota Solo itu untuk maju dalam arena kontestasi.

Menurut Dendik, masuknya Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo menjadi simbolisasi paling nyata dari dukungan Jokowi.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 1-7 November 2023 kepada 2.000 responden mewakili 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) dengan margin of error survei sebesar kurang lebih 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya