Hendropriyono: Perkiraan Intelijen, Prabowo-Gibran akan Menangi Pilpres 2024

Paslon Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Guru Besar bidang Intelijen di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Jenderal (Purn) Hendropriyono prediksi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpeluang besar memenangkan Pilpres 2024. Dia prediksi kemenangan Prabowo-Gibran dari kacamata intelijen dalam dinamika politik sekarang, bukan data ilmiah lembaga-lembaga survei.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

“Kalau dibatasi sampai ini hari. Perkiraan-perkiraan ya. Perkiraan saya dari kacamata intelijen. Jadi, bukan dari survei ilmiah seperti halnya pada umumnya, tapi dari pengamatan saya. Intelijen biasa melihat di lapangan selain dari analisa ilmiah,” kata Hendropriyono kepada awak media dikutip Senin, 20 November 2023.

Dia lanjut menjelaskan dari analisanya mengenai peta politik terkini. Ia menyoroti mesin politik koalisi pendukung Prabowo-Gibran yang dianggapnya cukup kuat saat ini. Sebab, duet Prabowo-Gibran didukung partai-partai besar yang mempuni.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

“Di lapangan saya melihat konsepnya lebih tertata dengan baik, yaitu mesin politik yang digelar itu semakin mantap dan cepat sekali kemantapannya, Golkar dan Demokrat digelar sebagai mesin yang nanti akan bergerak di lapangan," jelas eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Hendropriyono.

Photo :
  • Dok. Diaz Hendropriyono
3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Namun, ia mengamati dari poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo-Gibran ada juga partai politik yang bertanggung jawab terhadap manuver dalam kampanye nanti.

"Itu dilengkapi dengan sistem administrasi logistik keuangan yang sangat bagus yaitu Partai Gerindra. Dan, itu bergerak sesuai dengan arahan yang pasti sasaran yang pasti,” ujarnya.

Pun, dia meyakini, strategi sudah disiapkan KIM untuk memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran di Pilpres 2024. Meski demikian, ia juga menyebut KIM sudah menyiapkan strategi cadangan jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

“Itu strateginya yang saya lihat mungkin strategi sasarannya satu putaran. Tapi, kalau sampai dua putaran mereka juga sudah punya konsep, yaitu mesin politik cadangan yang disiapkan adalah PAN, PBB, dan Partai Gelora," tuturnya.

Hendro mengatakan demikian karena konsep itu disiapkan untuk menampung masa pemilih Anies Baswedan yang diprediksi kalah dan tak lolos ke putaran dua.

"Ini semua yang nanti siap menampung masa pemilihnya Anies Baswedan, dengan asumsi Anies Baswedan kalah. Sehingga dua putaran mereka akan masuk ke sini. Tidak mungkin ke GAMA (Ganjar-Mahfud). Itu analisa saya,” kata dia.

“Jadi, kalau menurut perkiraan intelijen ini hari dan kalau tidak ada perubahan yang signfikan Prabowo-Gibran akan menang,” ujar Hendropriyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya