PKS: Anies-Muhaimin kalau Enggak Menang Putaran Pertama, Lolos ke Putaran Kedua

Bakal capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat safari politik ke Ponpes Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Kamis, 28 September 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Novi Husdinariyanto

Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengaku optimistis pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) memenangi Pemilu Presiden 2024.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

“Optimis, kami sangat optimis, bahwa pasangan Amin ini (menang Pilpres 2024),” kata Jazuli, menjawab pertanyaan wartawan tentang hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 21 November 2023. 

Kendati begitu, Jazuli menyadari memang cukup ketat persaingan di Pemilu Presiden 2024. Terlebih calonnya ada tiga pasang. Namun, ia optimis pasangan Amin masuk ke putaran kedua Pemilu Presiden 2024.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Paslon Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Amin ini akan, ya, kalau enggak bisa putaran pertama, minimal lolos ke putaran kedua. Insyaallah,” kata Jazuli.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Hasil survei terbaru IPO yang dirilis kemarin bahwa elektabilitas Prabowo Subianto menempati posisi pertama dengan capaian 37,5 persen yang dilanjutkan Anies Baswedan di posisi kedua dengan elektabilitas 32,7 persen, dan Ganjar Pranowo di posisi ketiga dengan elektabilitas 28,3 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Bakal capres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya