Ditolak Mentah-mentah Ganjar, Relawan Benteng Jokowi Beralih Dukung Prabowo-Gibran

Relawan Benteng Jokowi (Bejo) dipimpin menyerahkan dukungan ke Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Kelompok Relawan Benteng Jokowi (Bejo) menarik dukungannya dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kini, mereka beralih dukungan ke Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Ketua Umum Relawan Bejo, Hak Tumewan mengatakan penarikan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud ini bukan tanpa alasan. Pihaknya kata dia kerap mendapatkan penolakan langsung dari Ganjar Pranowo.

Pun sebelum menarik dukungan, Tumewan mengatakan dirinya sempat bertemu dengan Ganjar di Makassar. Saat itu, Tumewan datang bersama Relawan Bejo yang membawa nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Namun, dalam pertemuan itu, Ganjar justru mengungkap bahwa Presiden Jokowi tak mendukung dirinya di Pilpres 2024. 

"Waktu di Makassar saya bertemu dengan Pak Ganjar dan saya sampaikan bahwa kami mendukung beliau dengan semua dukungan kami yang ada di 517 kabupaten atau kota," kata Tumewan kepada wartawan, Jumat, 24 November 2023.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tapi waktu di Makassar dijawab dengan sangat tegas oleh pak Ganjar ke saya, bahwa pak Joko Widodo tidak dukung beliau," sambungnya.

Mendengar informasi itu, Tumewan langsung meminta konfirmasi kepada Ketua TKRPP PDIP Ahmad Basarah. Namun, selama dua pekan, pihaknya tak kunjung mendapatkan jawaban.

Tak hanya itu, dia pun mengingat bahwa dalam beberapa waktu terakhir, kehadiran Relawan Bejo dalam kegiatan Ganjar di beberapa daerah seperti Riau, Medan, hingga Papua kerap mendapatkan penolakan.

"Waktu di Riau dan Medan juga terjadi penolakan, kemudian yang kemarin di Papua ketika relawan Benteng Jokowi sudah dimobilisasi tidak diterima dan ditukar dengan relawan lain," kata dia.

Hal itulah yang akhirnya membuat Tumewan bersama Relawan Bejo sepakat untuk mengambil sikap dengan menarik dukungan dari pasangan Ganjar-Mahfud. Dukungan kemudian beralih ke pasangan Prabowo-Gibran.

"Akhirnya kami juga harus memutuskan dan setelah dirapatkan oleh seluruh jajaran pimpinan DPN benteng jokowi mencabut dukungan. Kejadian itu kami cantumkan di dalam surat pencabutan dukungan kami secara resmi. Kami juga sudah kirim surat ke TKRPP, PDIP, TPN, dan KPU," ungkapnya. 

Selepas menarik dukungan, Tumewan menyatakan pihaknya telah bertemu langsung dengan cawapres Gibran Rakabuming Raka di Solo. Gibran kata dia menerima dengan baik dukungan yang diberikan Relawan Bejo.

"Kami sudah mengirimkan surat dukungan kami ke Pak Prabowo dan Gibran ke TKN. Dan hal lain kami juga sudah menghadap dan berkunjung ke solo pada hari selasa dan diterima oleh Mas Gibran langsung dengan baik," tandas Tumewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya