Ridwan Kamil Bongkar Survei Internal di Jabar: Prabowo-Gibran Unggul

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • Pemprov Jabar

Bandung – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jawa Barat, Ridwan Kamil membeberkan hasil survei internal mengenai elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Hasilnya, kata dia, pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi pertama. Prabowo-Gibran mengalahkan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud. "Ini survei yang kami lakukan pada minggu-minggu ini," kata Ridwan Kamil dikutip Minggu, 26 November 2023.

Ridwan Kamil mengklaim, pasangan Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat dengan perolehan elektabilitas 51,57 persen. Disusul pasangan Anies-Cak Imin dengan 25,96 persen dan Ganjar-Mahfud MD di posisi ketiga dengan angka 11,76 persen. 

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kampanye belum dimulai ya pak. Bapak sudah meraih simpati warga Jawa Barat di angka mendekati 52 persen," kata dia.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Meski demikian, eks Gubernur Jawa Barat itu mengatakan kelompok pemilih yang masih ragu memilih pasangan Prabowo-Gibran terbilang cukup besar yakni 32,98 persen.

Maka dari itu, dia pun meminta seluruh anggota TKD Prabowo-Gibran di Jawa Barat untuk bergerak dan mengetuk hati rakyat. Sehingga, masyarakat tetap memilih Prabowo-Gibran dan tak pindah ke lain pasangan calon.

"Yang memilih rombongan kita masih memiliki keraguan oleh isu, oleh bisikan, oleh yang dibaca, sehingga semua di sini harus meyakinkan mereka yang sudah dalam hatinya cenderung dan menjawab memilih Bapak Prabowo untuk tidak pindah ke lain hati oleh jabat tangan kita, oleh ketuk pintu kita, oleh kebaikan-kebaikan kita," ungkapnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil lantas mengungkapkan, pihaknya telah memetakan daerah yang berpotensi menjadi lumbung suara bagi Prabowo-Gibran di Jawa Barat. 

"Kita sudah menang di warna hijau tua. kita kalah di warna kuning dan warna merah, insya Allah bisa kita rebut. Dan kita harus merayu di warna hijau muda, di wilayah Jawa Barat bagian barat, dan Jawa Barat barat perbatasan lah dengan Jawa Tengah," ujarnya.

Dia meyakini, dengan kerja keras seluruh anggota TKD, maka pasangan Prabowo-Gibran akan menang di wilayah Jawa Barat. Ridwan Kamil menyebutkan, dirinya menargetkan Prabowo-Gibran meraih suara minimal 60 persen di Jawa Barat. 

"Sehingga target kita pak, minimal 60 persen, insya Allah lebih menurut hitungan survei ini, kalau ini terjadi, Jawa Barat sebagai penentu," katanya.

"Ditambah suara dari Pak Jokowi di tempat-tempat lain, matematika mengatakan insyaallah satu putaran itu adalah hal yang bisa kita raih. Bukan dua putaran, capek mendingan capek ayeuna (sekarang) dan mahal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya