Arsjad Rasjid Sebut Pulau Jawa Jadi Kunci Kemenangan Pilpres 2024

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Arsjad Rasjid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengatakan Pulau Jawa merupakan salah satu kunci kemenangan kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Arsjad saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud Se-Pulau Jawa, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Kebetulan seluruh relawan di sini adalah relawan se-Pulau Jawa. Maka bisa saya katakan, secara obyektif dan secara subyektif, Jawa adalah kunci. Kunci pemenangan Pilpres 2024," kata Arsjad.

Di sisi lain, Arsjad mengakui seluruh daerah mempunyai pengaruh yang sangat penting untuk dapat memenangkan suara Ganjar- Mahfud. Berdasarkan data, kata dia, Pulau Jawa menjadi arena pertempuran karena jumlah pemilih di pulau tersebut lebih besar dibandingkan pulau-pulau lainnya.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Maka di sini lah lahan pertempuran kita, Pulau Jawa mewakili 57 persen suara dari total DPT nasional. Kekerabatan masyarakat Jawa yang tersebar di seluruh Indonesia juga penting dalam mendukung mas Ganjar dan Prof Mahfud," ujarnya.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Ia pun mengajak seluruh relawan pendukung Ganjar-Mahfud untuk bertarung memperebutkan suara di Jawa Barat. Khususnya di wilayah dengan penduduk padat, seperti wilayah Pantura, Priangan Timur, dan Jawa Barat bagian tengah.

Selanjutnya, Arsjad menyebutkan, pasangan Ganjar-Mahfud sudah hampir menguasai suara di Jawa Timur. "Tetapi kita harus juga bertempur di Madura, di Probolinggo, di Situbondo, perlu diingat Madura itu adalah daerahnya Prof Mahfud, jadi mutlak kita harus menangkan daerah tersebut," katanya.

Sementara, Arsjad menekankan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud harus menang telak di Jawa Tengah, provinsi yang pernah dipimpin oleh Ganjar selama dua periode. "Jawa Tengah basisnya Mas Ganjar, kita harus capai 72 persen target suara dari total DPT provinsi," katanya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memulai rangkaian kampanye Pemilu 2024 secara terpisah. Ganjar akan mengawali kampanye dari Provinsi Papua, sedangkan Mahfud MD akan mengawali dari Provinsi Aceh. 

"Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh," ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun mengungkap alasannya, karena dirinya dan Mahfud MD ingin bergerak dari Timur ke Barat. Ganjar juga menegaskan bahwa persiapan kampanye sudah maksimal dan akan dimulai besok, Selasa, 28 November 2023.

"Dari Timur ke Barat kita bergerak. (Persiapan) sudah siap semuanya, dan kita mulai besok," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya