Kampanye Pilpres 2024 Dimulai, Capres Cawapres Diminta Jangan Saling Umbar Kenegatifan Lawan

Rakornas Gakkumdu Bawaslu RI Jelang Kampanye Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari mewanti-wanti calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024 untuk melaksanakan kampanye yang sehat. Tahapan kampanye Pilpres 2024 akan dimulai pada Selasa hari ini, 28 November 2023.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Hasyim meminta para capres-cawapres mulai dari Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk tidak saling menunjukkan hal negatif terkait lawan politiknya.

"Mari bersama-sama melaksanakan pemilu yang sehat, melaksanakan kampanye yang sehat, tidak saling mengumbar kenegatifan lawan politiknya," kata Hasyim dalam sambutannya di acara Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor KPU RI, Senin, 27 November 2023.

Kuasa Hukum KPU Kena Tegur Komisioner Gegara Salah Artikan Pemohon dan Termohon

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasyim menyampaikan, para capres-cawapres sebaiknya saling mempromosikan diri dan program-program yang ingin diusung kepada masyarakat. Sebab, pemilih cenderung memilih capres-cawapres berdasarkan aspek positif hingga keunggulan yang dimiliki.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

"Karena pada dasarnya kampanye adalah upaya untuk meyakinkan pemilih untuk memilih peserta pemilu karena aspek-aspek positif, keunggulan-keunggulan, kompetitif yang dimiliki oleh masing-masing peserta pemilu. Apakah itu partai politik, apakah itu pasangan calon presiden dan wakil presiden," ujar Hasyim.

Tiga Capres-cawapres Teken Deklarasi Pemilu Damai

Sebelumnya, tiga pasangan capres dan cawapres yang merupakan kontestan Pilpres 2024 menandatangi naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023.

Pantauan VIVA di lokasi, naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 dibacakan langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Pembacaan naskah deklarasi selanjutnya diikuti tiga pasangan capres-cawapres dan 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. Pun, terdapat tiga poin yang dibacakan Hasyim terkait naskah deklarasi tersebut.

"Satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil," kata Hasyim saat membacakan naskah deklarasi di kantor KPU RI.

"Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang," tuturnya.

Lalu, poin ketiga yang dibacakan Hasyim yaitu meminta semua peserta Pemilu 2024 untuk mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku selama masa kampanye.

"Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Hasyim.

Setelah naskah deklarasi dibacakan, satu persatu pasangan capres-cawapres menandatangi prasasti deklarasi pemilu damai 2024. Penandatanganan selanjutnya diikuti perwakilan 18 parpol peserta Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya